Home / Ekonomi / PA Taliwang Banyak Tangani Kasus Perceraian Akibat Kawin Paksa

PA Taliwang Banyak Tangani Kasus Perceraian Akibat Kawin Paksa

SUMBAWA BARAT, SR (6/11/2019)

Perjodohan anak oleh orang tua sebagaimana Zaman Siti Nurbaya, nampaknya masih ada di Kabupaten Sumbawa Barat. Praktek ini bukannya tidak boleh, tapi cenderung tidak membahagiakan anak. Pasalnya banyak kasus perceraian yang ditangani Pengadilan Agama Kabupaten Sumbawa Barat, akibat dari perjodohan.

Ditemui SAMAWAREA belum lama ini, Wakil Panitera Pengadilan Agama Taliwang, Muhammad Saleh SH mengatakan dalam kasus perkara perceraian banyak kasus yang disebabkan akibat perjodohan. Orang tua menjodohkan anaknya yang berujung pada kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Selain percekcokan, ada yang ditinggal sepihak karena dalam rumah tangganya tidak didasari oleh rasa cinta, sehingga rasa saling memiliki itu rendah. Terkadang rumah tangga seperti ini tidak kuat terhadap cobaan, sementara setiap berumah tangga pasti ada cobaannya. Sehingga dalam menyelesaikan masalah cenderung spekulatif. “Kasus perceraian yang diakibatkan oleh perjodohan saat ini ada kami tangani, bahkan umur pernikahannya relatif dini, baru satu tahun atau dua tahun lalu saling gugat karena merasa tidak ada kecocokan yang berujung percekcokan, KDRT dan lainnya,” M Saleh.

Saat ini dari 14 indikator perceraian, sebutnya, perkara perceraian salah satunya diakibatkan oleh perselisihan dan pertengkaran dalam rumah tangga, ini juga salah satu penyebabnya adalah perjodohan. “Bulan September yang paling tinggi sebanyak 14 kasus. Jadi kami berharap kepada orang tua, supaya anak memiliki kekuatan dalam rumah tangga, bimbing anak menikah sesuai pilihan hatinya, karena dalam rumah tangga pasti akan ada ujian yang membutuhkan kekuatan rasa cinta berupa komitmen dalam berumah tangga. Kalau anaknya dipaksa nanti setiap ada masalah pasti yang disalahkan orang tuanya membuat dia tidak memiliki kemandirian dalam rumah tangga,” ungkapnya, seraya menyebutkan selain perkara perceraian akibat perselisihan dan pertengkaran, pihaknya juga menangani kasus perceraian akibat miras dan faktor ekonomi. (HEN/SR)

Lihat Juga

NTB Siap Dukung Suplai Pasokan Daging Nasional

JAKARTA, SR (6/11/2019) Defisit daging sapi yang saat ini kian membayangi negara ini mampu diatasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *