Home / Pendidikan / Tampilkan Tarian Mastagaliga, Kelas X MIA1 Juara Pensi SMANDA

Tampilkan Tarian Mastagaliga, Kelas X MIA1 Juara Pensi SMANDA

SUMBAWA BESAR, SR (4/11/2019)

Pentas Seni (Pensi) SMA Negeri 2 Sumbawa (SMANDA) berlangsung sukses. Bukan hanya pelaksanaannya, tapi juga melahirkan siswa-siswa bertalenta. Meski berbagai lomba digelar antar kelas, namun kegiatan yang mengangkat tema “Surga Budaya Seni Samawa” disuguhkan ala kabupaten dan ditonton khalayak serta dihadiri sejumlah pejabat penting daerah. Sebab selain lomba, ada juga bazaar kewirausahaan yang menyajikan beraneka makanan hasil karya para siswa setempat. Dalam ajang yang digelar di Taman Mangga Kota Sumbawa, Hari Minggu (3/11) kemarin, Kelas X MIA I berhasil keluar sebagai juara pertama pada Lomba Tarian Kreasi Daerah. Tarian Matasgaliga yang dipersembahkan Rizkiadial Fadila dkk ini meraih nilai tertinggi. Para juri terpikat dengan tarian yang apik ini. Tarian Matasgaliga tersebut menggambarkan proses mempersiapkan benih untuk tiap musim tanam. Persiapan benih padi itu untuk musim tanam selanjutnya. Dimana “Galiga” berarti satu ikat benih yang sudah tumbuh dan “Matas”. Artinya ikatan benih yang besar berisi 20 ikat galiga. Kemudian diproses menjadi bibit tanam berikutnya. Tarian ini juga memperlihatkan beberapa gerak tari pada proses tradisi adat antara lain berupa sisip, sakede, berangin dan sebagainya.

Untuk juara II Tarian Kreasi Daerah diraih Kelas XI IIS 3, diikuti Kelas XI IIS 1 juara tiga. Dalam lomba ini Dandy Auzan Kelas XI IIS 3 dan Kamilatul siswa Kelas XI IIS 1 ditetapkan sebagai penari terbaik putra dan putri. Kemudian Lomba Sakeco juara I diraih Kelas X MIA 5, disusul Kelas XI MIA 2 dan Kelas X MIA 3 yang meraih juara II dan III.

Sementara Taruna Dadara, terbaik adalah Amridho Zihat dan Amadhea Sakinah. Untuk pendamping Taruna, Ekky Prasetyo dan Usama Daffa. Pendamping Dadara, Mia Putri Nabillah dan Nurlailya Sakina. Pasangan terfavorit, dewan juri menetapkan Kelas XII MIA 3 dengan Taruna Usama Daffa dan Dadara Mia Putri Nabila. Dewan juri juga memilih Pasangan Serasi Taruna Dadara yakni Putra Sanjaya dan Nadine Vitalmana Manurung dari Kelas XI IIS 1. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

Meneladani Rasulullah dalam Membangun SDM Menuju Indonesia Maju

JAKARTA, SR (10/11/2019) Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin menggelar acara Peringatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *