Home / Kesehatan / Kenaikan Iuran BPJS Bebani Daerah, Fraksi PKS KSB Minta Tinjau Ulang
Abidin Nasar

Kenaikan Iuran BPJS Bebani Daerah, Fraksi PKS KSB Minta Tinjau Ulang

SUMBAWA BARAT, SR (5/11/2019)

Fraksi PKS DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menyoroti program kesehatan gratis melalui BPJS. Hal ini mengingat adanya kenaikan iuran BPJS yang akan menambah beban daerah sebanyak Rp 15 milyar. Fraksi PKS meminta program tersebut diformat ulang.

Ditemui SAMAWAREA belum lama ini, Pimpinan DPRD KSB, Abidin Nasar yang juga anggota Fraksi PKS menyebutkan besaran iuran BPJS akan naik per 1 Januari 2020. Besaran iuran BPJS tersebut naik karena adanya Peraturan Presiden No. 75 tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden No. 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Perubahan Iuran BPJS ditegaskan dalam Pasal 34 Perpres 75 tahun 2019 yaitu untuk Kelas I sebesar Rp 160.000,00/orang/bulan, Kelas II sebesar Rp 110.000/orang/bulan, dan Kelas III sebesar Rp 42.000,00/orang/bulan. Kenaikan tersebut bukan hanya berdampak besar bagi masyarakat, tetapi menambah beban APBD Sumbawa Barat. Ini disebabkan karena Pemerintah KSB harus menambah anggaran sekitar Rp 15 M (menjadi sekitar 35 M) untuk menanggung BPJS sekitar 70.000 warga KSB kurang mampu.

Atas dasar ini, F-PKS DPRD KSB meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan kajian, agar keluar dari Program BPJS, dan mencari format lain yang lebih efisien dengan tetap memperhatikan terpenuhinya layanan kesehatan gratis dan berkualitas bagi masyarakat KSB. “BPJS bentuknya asuransi, yaitu dibayarkan berdasarkan jumlah peserta, meskipun tidak sakit, sehingga kalau tingkat kesehatan masyarakat kita tinggi, maka sama halnya kita menanggung biaya kesehatan masyarakat daerah lain. Pola lain bisa saja dihitung berdasarkan jumlah tindakan. Bisa jadi nilainya lebih rendah, bahkan bisa digunakan untuk meningkatkan fasilitas dan kesejahteraan petugas kesehatan,” pungkasnya. (HEN/SR)

 

Lihat Juga

Meneladani Rasulullah Sebagai Kepala Keluarga, Pemimpin Negara dan Kepala Pemerintahan

JAKARTA, SR (10/11/2019) Legislator asal Sumatera Barat II, Nevi Zuairina, mengajak seluruh elemen bangsa terutama para ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *