Home / MATARAM / Gubernur Berencana Kirim Putra NTB Kuliah di Denmark

Gubernur Berencana Kirim Putra NTB Kuliah di Denmark

JAKARTA, SR (23/10/2019)

Mengawali kerjasama berbagai sektor dengan Pemerintah Provinsi NTB terutama bidang pendidikan, Denmark berkeinginan mengirim tim untuk transfer teknologi dan pengetahuan terlebih dahulu, baik tim dari NTB untuk belajar atau kursus ke Denmark. Sebaliknya dilakukan pengiriman tenaga ahli atau pakar dari Denmark untuk memberikan training di NTB. “Hal itu perlu sebagai bagian dari feasibility study untuk memastikan teknologi yang dikembangkan di Denmark, cocok dan sesuai dengan kondisi dan situasi lapangan di NTB. Transfer teknologi dan data juga penting untuk memastikan kesinambungan kerja sama ini bisa berjalan dalam jangka panjang,” ujar Yang Mulia (YM) Duta Besar Kerajaan Denmark untuk Indonesia, Rasmus A. Kristensen di kediamannya di kediaman dinas Dubes Denmark kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, saat menyambut kedatangan Gubernur NTB, Senin (21/10/2019).

Sementara Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah M.Sc menyampaikan soal program beasiswa 1000 pelajar NTB ke luar negeri. Ia menyatakan tertarik untuk mengirimkan anak-anak muda Lombok dan Sumbawa ke Denmark, sebagai negara yang menempati rangking ke-5 tertinggi dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Dunia. “Kami sudah mengirimkan 46 mahasiswa untuk kuliah S2 di Polandia dari akhir tahun lalu hingga saat ini. Mereka kebanyakan juga belajar sains bidang energi dan lingkungan, dan akan terus bertambah. Kami berharap Denmark juga menjadi negara tujuan dari program beasiswa NTB, apalagi dengan kualitas pendidikan Denmark yang memadukan pengembangan kurikulum pendidikan dengan teknologi digital, namun tetap dengan mempertahankan nilai-nilai budaya. Sangat cocok dengan apa yang kami upayakan di NTB,” imbuh Gubernur Zul.

Untuk diketahui, Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah melakukan pertemuan dengan Yang Mulia (YM) Duta Besar Kerajaan Denmark untuk Indonesia, Rasmus A. Kristensen bersama jajarannya di kediaman dinas Dubes Denmark kawasan Kebayoran Baru. Dalam pertemuan tersebut, Gubernur yang didampingi Staf Khusus Bidang Investasi dan Waste Management, Lutfiya Al Qarani mendiskusikan potensi kerja sama dalam sejumlah bidang. Mulai dari investasi untuk program energi terbarukan (renewable energy), pengelolaan sampah (waste management), hingga pariwisata dan pendidikan. (SR)

Lihat Juga

Bedah Buku, IISBUD SAREA Hadirkan Keluarga Pejuang Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (11/11/2019) Banyak cara bermanfaat yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *