Home / HukumKriminal / Merasa Dirugikan Calon Kades Talonang Gugat PPKD

Merasa Dirugikan Calon Kades Talonang Gugat PPKD

SUMBAWA BARAT, SR (22/10/2019)

Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) di Kabupaten Sumbawa Barat digugat. Salah satu calon kepala desa dari Desa Talonang Kecamatan Sekongkang yang merasa dirugikan dengan pola kerja panitia, mendatangi kantor DPMPD KSB untuk mengajukan laporan, Senin (21/10).

Bambang—calon Kades Talonang yang ditemui SAMAWAREA Biro KSB, mengatakan laporan sengketa Pilkades ini diajukan karena Ia merasa dirugikan dengan pola kerja PPKD. Disebutkan Bambang, ada beberapa hal yang menjadi persoalan sehingga memunculkan  gugatan. Ada salah satu TPS yang diperlakukan tidak sama dengan TPS lain yaitu di TPS 2. Jika TPS lain orang sakit diberikan hak untuk memilih, sedangkan di TPS 2 orang sakit tidak diijinkan memilih. Pihaknya juga menemukan warga yang berumur 15 tahun tapi panitia memberikan hak untuk memilih. Selain itu ada dugaan pemilih yang sudah pindah ke kabupaten lain dan menjadi Ketua RT di tempat yang baru tersebut tapi masih terdata dalam pemilihan di Talonang. Bahkan orang bersangkutan diizinkan ikut memilih. “Kami sudah melengkapi laporan ini dengan bukti bukti yang valid dan sekarang saya akan serahkan laporan saya ke PPKD Kabupaten,” ungkapnya seraya berharap PPKD Kabupaten tegas menerapkan aturan dan tidak tebang pilih agar tidak merugikan salah satu pihak.

Sementara itu Kepala Dinas DPMPD Sumbawa Barat, Drs Mulyadi M.Si mengakui adanya laporan tersebut dan sudah diterima. “Kami sudah siapkan ruang pengaduan sengketa Pilkades tiga hari setelah penetapan dari tanggal 21 sampai 23 Oktober,” kata Mulyadi.

Selanjutnya laporan akan diteliti kembali untuk memastikan kebenarannya. Namun demikian, meski ada sengketa, tahapan Pilkades tetap berjalan. “Kami menjamin dalam menangani laporan ini mengacu pada aturan yang berlaku tanpa pandang bulu,” pungkasnya. (HEN/SR)

 

Lihat Juga

Beraksi di Tiga TKP, Kawanan Maling Mobil Digulung Polisi

LOMBOK TIMUR, SR (12/11/2019) Sebanyak 4 dari lima kawanan pencuri mobil digulung Tim Khusus Satuan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *