Home / Ekonomi / Pengerjaan Jembatan Samota II Capai 85 Persen, Tuntas November

Pengerjaan Jembatan Samota II Capai 85 Persen, Tuntas November

SUMBAWA BESAR, SR (21/10/2019)

Pengerjaan Jembatan Samota II di Labu Sawo Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa, diperkirakan akan tuntas awal November 2019 mendatang. Pasalnya, progress proyek senilai Rp 31,2 Milyar yang dikerjakan PT Mitra Ayangga Nusantara ini, sudah mencapai 85 persen.

Pelaksana Proyek Jembatan SAMOTA II, Edy Sudarmin yang ditemui di lokasi, Senin (21/10) mengatakan, pengerjaan proyek yang anggarannya bersumber dari APBN 2019, dimulai Maret dan akan berakhir pada November. Sebenarnya pengerjaan proyek ini tuntas sebelum November, sebab setelah penandatangan kontrak, pihaknya tidak langsung bekerja karena ada persoalan tanah. Proses penyelesaian tanah ini berlangsung hampir satu bulan. Selanjutnya dilakukan tes pemasangan tiang pancang, proses ini memakan waktu selama sebulan. Namun pekerjaan lanjutan terhenti karena pihaknya harus melakukan pemindahan tiang listrik di lokasi pembangunan jembatan. Pemindahan tiang listrik ini tidak serta merta dilakukan mengingat sedang dilaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). “Jadi total waktu yang terbuang ada tiga bulan. Efektifnya kamki bekerja sekitar lima bulan dengan progress 85 persen,” ungkap Daeng Baso—akrab pengusaha ini disapa.

Masih ada tersisa sekitar 15 persen lagi yang harus dituntaskan. Di antaranya pengecoran plat jembatan bentang satu, under pass dan pengaspalan. Proses pengecoran diupayakan selesai dalam bulan ini lalu dilanjutkan proses pengaspalan awal November, lalu pengecatan dan pemasangan tiang lampu. “Kami perkirakan sekitar tanggal belasan di Bulan November, pekerjaan selesai 100 persen,” tandasnya.

Untuk diketahui, bentuk Jembatan Samota II identik dengan jembatan SAMOTA pertama, hanya ketinggiannya yang berbeda. Jembatan Samota II ini memiliki panjang bentangan 81,6 meter. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

Dibuka Beasiswa NTB Tujuan China, LPP dan Dikbud Provinsi Gencar Sosialisasi

SUMBAWA BESAR, SR (16/11/2019) Lembaga Pengembangan Pendidikan NTB (LPP-NTB) kembali membuka kesempatan untuk mengikuti seleksi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *