Home / Pemerintahan / Pertemuan Perate: Poros Pembaharuan Bakal Kuasai DPRD

Pertemuan Perate: Poros Pembaharuan Bakal Kuasai DPRD

SUMBAWA BESAR, SR (13/10/2019)

Partai politik yang tergabung dalam Poros Pembaharuan kian bertambah. Setelah Hanura, Nasdem, PPP, Golkar, Gerindra dan PAN, kini bergabung PKS, PKPI, Berkarya dan Perindo. Ini terlihat saat para pengurus partai beserta anggota fraksinya di DPRD Sumbawa, minus Partai Amanat Nasional (PAN), menggelar pertemuan di Kebun Perate, Kecamatan Unter Iwis, Sumbawa, Minggu (13/10/2019). Ketidakhadiran PAN karena salah satu pembahasan dalam pertemuan itu terkait Alat-alat Kelengkapan Dewan (AKD). PAN sebelumnya sudah menyatakan diri, khusus masalah AKD telah berkomitmen berada bersama Demokrat, PDIP dan PKB. Berdasarkan kalkulasi di DPRD, partai politik yang tergabung Poros Pembaharuan memiliki 26 kursi, sedangkan PDIP, Demokrat, PAN dan PKB hanya 19 kursi. Dengan komposisi kekuatan tersebut, Poros Pembaharuan memiliki peluang yang sangat besar menguasai alat-alat kelengkapan dewan (AKD).

Ketua DPC Nasdem Sumbawa, H. Asaat Abdullah ST kepada SAMAWAREA, mengakui salah satu pembahasan dalam pertemuan Poros Pembaharuan ini adalah soal pembentukan AKD. Dengan menempatkan wakil-wakilnya di AKD nanti, Poros Pembaharuan berperan mengembalikan marwah DPRD agar tidak terkesan lemah dalam melakukan pengawasan terhadap program-program pembangunan maupun kinerja eksekutif selaku eksekutor. Tentunya dengan dijalankannya tugas dan fungsi DPRD termasuk melakukan fungsi pengawasan, akan bermuara pada kepentingan masyarakat dan daerah.

Hal senada dikatakan Rusli Manawari. Ketua DPC PPP Sumbawa ini meminta sejumlah pihak tidak perlu khawatir dengan keberadaan Poros Pembaharuan. Keberadaan Poros ini untuk kebaikan bersama baik eksekutif maupun legislatif agar semua berjalan sesuai aturan. Paling penting lagi, Poros Pembaharuan untuk penguatan tugas dan fungsi DPRD sebagai representasi kepentingan masyarakat. “Minimal Poros Pembaharuan ini menjadi penyeimbang eksekutif,” pungkas Rusli yang kini menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi NTB. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

DPRD Sumbawa Tetap Butuh Sikap Kritis Wartawan

SUMBAWA BESAR, SR (11/11/2019) Ketua DPRD Sumbawa, A Rafiq menyatakan jalinan kemitraan DPRD dengan insan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *