Home / Ekonomi / Film “Aku dan Mereka” Raih Dua Kategori Penganugerahan FFS 2019

Film “Aku dan Mereka” Raih Dua Kategori Penganugerahan FFS 2019

SUMBAWA BESAR, SR (7/10/2019)

Bupati Sumbawa melalui Staf Ahli Bupati Bidang SDA dan Kemasyarakatan Drs. Zainal Abidin membuka secara resmi Malam Penganugerahan Festival Film Sumbawa (FFS) 2019, Jumat (4/10) malam. Ajang yang diinisiasi Komunitas Sumbawa Cinema Society dengan tema “Warna Keberagaman” ini melahirkan sejumlah film karya terbaik generasi Sumbawa. Sebagaimana diketahui, pemenang nominasi dalam Festival Film Sumbawa 2019 tersebut adalah Film Fiksi Pendek Favorit dengan judul “1:5 (Masihkah Perbedaan Itu Penting)”. Film Dokumenter Pendek Favorit dengan judul “Aku dan Mereka”. Film Terbaik Festival Film Sumbawa 2019 Kategori Fiksi Pelajar dengan judul “The Difference”. Film yang Mendapat Perhatian Khusus Juri Festival Film Sumbawa 2019 Kategori Fiksi Pendek dengan judul “Aku Bisa”. Film Terbaik Festival Film Sumbawa 2019 Kategori Dokumenter Pelajar dengan judul “Pelita Kebhinekaan”. Dan Film yang Mendapat Perhatian Khusus Juri Festival Film Sumbawa 2019 Kategori Dokumenter Pendek dengan judul “Aku dan Mereka”.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati menyampaikan perhargaan dan terima kasih kepada komunitas Sumbawa Cinema Society atas terselenggaranya Festival Film Sumbawa 2019. Dikatakan bahwa sebagai komunitas film pertama di Sumbawa yang berdiri sejak tahun 2014 lalu, SCS sudah cukup berpengalaman, baik dalam hal networking atau berjejaring dengan komunitas film di seluruh Indonesia, temasuk apresiasi film melalui berbagai kegiatan pemutaran dan diskusi film. Di akhir sambutannya, Bupati berharap melalui Festival Film Sumbawa dapat menginspirasi dan juga sekaligus memotivasi para generasi muda untuk terus berkarya. ”Kami sangat berharap, film-film tersebut dapat menginspirasi kita semua dan mudah-mudahan dapat memotivasi para generasi muda kita untuk terus berkarya melalui medium film,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Sumbawa Ir. H. Iskandar D, M.Ec, Dev menyampaikan rasa bangga bahwa pada akhirnya mimpi besar bersama terwujud malam ini. Ia berharap Festival Film Sumbawa ini akan terus berlanjut di masa mendatang. “Kami juga berharap semangat yang dimiliki bukan hanya di film saja, tetapi keberagaman yang indah ini hendaknya senantiasa terimplementasi dalam kehidupan sehari-hari. “Saya berharap Festival Film Sumbawa yang pertama ini akan melahirkan semangat dan sikap hidup kita yang jauh lebih indah dalam keberagaman dari apa yang sekedar kita sajikan dalam layar film ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Sumbawa Cinema Society (SCS) Yuli Andari Merdikaningtyas mengatakan festival ini merupakan acara hajatan dari Sumbawa Cinema Society (SCS). Ini festival film pertama yang ada di Pulau Sumbawa dan mungkin juga di NTB. Festival ini diadakan dalam rangka menyambut tepat 5 tahun usia Komunitas SCS di Pulau Sumbawa. Rangkaian dari Festival Film Sumbawa ini digelarnya seminar yaitu lebih dekat dengan lembaga sensor film dan lebih dekat dengan sutradara film nasional. Ketua SCS berharap agar Festival Film Sumbawa ini dapat belanjut di tahun-tahun mendatang dengan tema yang lebih variatif. (SR)

Lihat Juga

Parade Lomba Drumband Meriahkan HUT PMI di Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (6/10/2019) Bupati Sumbawa yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *