Home / Olahraga / 420 Atlit NTB Berlaga di Sumbawa Open Karate Championship

420 Atlit NTB Berlaga di Sumbawa Open Karate Championship

SUMBAWA BESAR, SR (4/10/2019)

Sebanyak 420 atlit karate dari kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat yang tergabung dalam 25 kontingen mengikuti Open Karate Championship NTB 2019. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Bupati Sumbawa ini digelar di GOR Mampis Rungan Sumbawa, Kamis (3/10/2019). “Karate merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di Indonesia dan dunia, berasal dari negeri Jepang dan telah dikembangkan secara serius oleh Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia sejak dahulu, bahkan sering dilombakan dalam berbagai event dari usia dini sampai senior,” ungkap Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril, B.Sc., saat membuka secara resmi event tersebut.

Menurut Bupati, olahraga karate merupakan salah satu wadah yang positif, selain meningkatkan prestasi, juga bermanfaat untuk menghindarkan para remaja dari ancaman narkoba, miras, dan berbagai macam tindakan kriminal. Dikatakan Bupati, karate di Kabupaten Sumbawa sudah banyak berkembang, dan telah menjadi olahraga unggulan yang telah banyak menorehkan prestasi. “Olahraga prestasi seperti halnya karate, secara tidak langsung dapat memberikan image, atau gambaran positif terhadap suatu daerah,” kata Bupati Husni.

Bupati mengajak masyarakat Sumbawa khususnya generasi muda, untuk menjadikan olahraga sebagai trend atau bagian dari gaya hidup. Dengan menjadikannya sebagai gaya hidup, akan membawa masyarakat Sumbawa menjadi masyarakat berdaya saing, sebagai upaya mewujudkan Sumbawa yang hebat dan bermartabat.

Di bagian lain Bupati menegaskan, menang dan kalah hal biasa dalam sebuah pertandingan. Kemenangan sejati hanya dimiliki oleh orang-orang yang berjuang, tidak hanya mengandalkan otot dan strategi, tetapi juga menjunjung tinggi nilai sportifitas dan fair play. “Selamat bertanding, bertandinglah dengan penuh semangat dan pantang menyerah dalam meraih prestasi, tunjukkanlah semua kemampuan yang dimiliki, dengan tetap menjaga sportivitas,” tutup Bupati.

Sementara, Ketua KONI Kabupaten Sumbawa, Syamsul Fikri AR, S.Ag., M.Si. menyampaikan, kejuaraan karate yang memperebutkan piala Bupati Sumbawa tersebut adalah cita-citanya sebelum menjadi Ketua KONI. Dikatakan, saat ini geliat olahraga berkembang begitu pesat ditandai dengan banyaknya pertandingan atau turnamen yang dilaksanakan oleh berbagai cabang olahraga di Kabupaten Sumbawa. Senada dengan Bupati, Fikri juga berpesan kepada segenap peserta, untuk menjunjung tinggi nilai sportivitas, fair play, serta mentaati semua aturan yang berlaku dalam pertandingan. Kejuaraan skala provinsi ini bertujuan mencari bibit potensial untuk menunjang prestasi olahraga beladiri Karate di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selain itu, kejuaraan ini diharapkan dapat membina atlet-atlet Provinsi Nusa Tenggara Barat, agar dapat bersaing di tingkat yang lebih tinggi dan bergengsi. Kegiatan bertema “Melalui Kejuaraan Karate, Kita Tingkatkan Prestasi Membanggakan Anak-Anak Masa Depan Bangsa Dengan Semangat Bushido’, Mewujudkan Sumbawa Hebat Dan Bermartabat”, akan berlangsung dari pada 4–6 Oktober 2019, untuk memperebutkan Piala Bupati Sumbawa. (SR)

Lihat Juga

Penutupan Main Jaran Tandai Closing Ceremony Festival Pesona Moyo 2019

SUMBAWA BESAR, SR (30/9/2019) Kejuaraan Pacuan Kuda atau Main Jaran di Kerato Angin Laut, Desa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *