Home / Ekonomi / Rumah Zakat Berikan Bantuan Pembangunan Masjid Al-Muhajirin PPN Bukit Indah
Masjid Al Muhajirin PPN Bukit Indah Kelurahan Seketeng

Rumah Zakat Berikan Bantuan Pembangunan Masjid Al-Muhajirin PPN Bukit Indah

SUMBAWA BESAR, SR (6/9/2019)

Pembangunan Masjid Al Muhajirin di PPN Bukit Indah Kelurahan Seketeng, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, hingga kini belum selesai. Padahal proses pengerjaannya dilakukan sejak Tahun 1992 silam. Persoalan hanya satu yakni pendanaan. Meski sudah menggunakan dana swadaya masyarakat dan bantuan pemerintah serta para donatur, namun belum mampu untuk menuntaskan pembangunan rumah ibadah tersebut. Kondisi ini membuat Relawan Rumah Zakat prihatin. Melalui Koordinator Rumah Zakat NTB, dilakukan ikhtiar untuk menggalang dana di Sharing Happiness. Sharing Happiness merupakan platform donasi dan galang dana sosial secara online. Ini adalah sebuah gerakan berbagi yang berkiprah atas inisiasi Rumah Zakat. Upaya untuk mendapatkan bantuan bagi pembangunan masjid tersebut membuahkan hasil yang cukup baik. Usai Sholat Jumat, 6 September 2019 siang tadi, Tim Sharing Happiness yang diwakili oleh Yasin Ilyas dan Edwin D menyerahkan secara resmi penyaluran bantuan pembangunan tahap pertama uang tunai senilai Rp 50 juta kepada pengurus masjid setempat. Bantuan yang diserahkan Koordinator Rumah Zakat Provinsi NTB, Repi S didampingi Tim Sharing Happiness, Yasin dan Edwin ini, disaksikan Lurah Seketeng Kecamatan Sumbawa, Abdul Munir, S.AP.

Mewakili Tim Sharing Happiness dan Rumah Zakat, Repi S mengatakan, penyerahan bantuan ini untuk melanjutkan amanah masyarakat yang memberikan donasinya untuk masjid ini melalui Sharing Happiness. Bantuan tersebut adalah yang pertama, dan mari sama-sama berdo’a dan berikhtiar, semoga ada bantuan selanjutnya. Ia berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga pembangunan masjid ini secara bertahap selesai sesuai harapan para jamaah. Yang paling penting, lanjut Repi, ketika masjid tersebut sudah berdiri megah, para jamaah semakin banyak. “Jangan sampai masjidnya bagus, tapi isinya kosong. Ayo kita makmurkan masjid,” ajak Repi.

Ke depan, Repi menyatakan akan menjadikan masjid tersebut sebagai pusat gerakan pemberdayaan ekonomi umat, sehingga tidak ada masyarakat di sekitar masjid yang mengalami kesulitan secara ekonomi. Rumah Zakat akan melakukan pendampingan agar zakat, infaq dan shodaqoh dapat tersalurkan bagi kesejahteraan umat.

Untuk diketahui, kehadiran Sharing Happines di Kabupaten Sumbawa bagian dari rangkaian kegiatan Social Expedition yang berlangsung pada 5—10 September 2019. Kegiatan ini dikhususkan untuk Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB) serta Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Disebutkan Repi, ada empat kegiatan yang dituntaskan. Yaitu bantuan pembangunan masjid, berbagi air kehidupan (air bersih), bantuan kesehatan kepada keluarga kurang mampu, dan progam sedekah bibit yang dipusatkan di Desa Berdaya. Karena kehadirannya bertepatan dengan musibah kebakaran di Batu Alang Desa Leseng Kecamatan Moyo Hulu, Tim Sharing Happines Rumah Zakat menyempatkan menemui para korban sekaligus menyerahkan bantuan.

Sementara itu Lurah Seketeng, Abdul Munir, S.AP menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Sharing Happines Rumah Zakat yang ikut membantu proses penyelesaikan pembangunan masjid di wilayahnya. Ia berharap bantuan tersebut bukan yang pertama sekaligus terakhir kali, melainkan ada lanjutan untuk tahap-tahap berikutnya. (JEN/SR)

Lihat Juga

100 Bonsai Dipamerkan, Wabup: Sumbawa Syurganya Para Pecinta Bonsai

SUMBAWA BESAR, SR (16/9/2019) Banyak yang baru dalam pagelaran Festival Pesona Moyo 2019. Selain Pasar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *