Home / Ekonomi / Rayakan HUT RI, PETANG Tanam Kelapa di Pulau Meriam

Rayakan HUT RI, PETANG Tanam Kelapa di Pulau Meriam

SUMBAWA BESAR, SR (18/8/2019)

Selama tiga tahun berturut-turut setiap 17 Agustus, Komunitas Pecinta Alam Plampang (PETANG) mengibarkan bendera merah putih di puncak Gunung Jarang Pusang. Namun pada peringatan HUT RI ke-74 kali ini, para pecinta alam ini mengibarkan merah putih di Pulau Meriam, sebuah pulau yang tak berpenghuni dan terbentang di Perairan Teluk Saleh. Pulau yang diselimuti rumput savanna ini sempat viral setelah dijual oleh seseorang melalui situs online internasional.

Ketua PETANG, Burhanuddin mengatakan, pengibaran bendera itu sebagai bentuk kesyukuran atas kemerdekaan Bangsa Indonesia sekaligus mengenang jasa pahlawan kusuma bangsa yang telah berjuang mengorbankan jiwa dan raganya untuk Ibu Pertiwi. Pengibaran bendera untuk peringatan HUT RI ke-74 yang dilakukan di Pulau Meriam, ungkap Bur, juga untuk memberikan pesan kepada masyarakat agar selalu menjaga kelestarian alam. “Merusak alam sama dengan merusak kehidupan,” ucap Bur.

Ketua PETANG, Burhanuddin saat berada di Pulau Meriam

Selama berada di Pulau Meriam, Bur bersama personilnya melakukan penanaman pohon kelapa. Bur juga melarang personilnya untuk membuat perapian guna mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan, mengingat saat ini musim kemarau. Sebagai diketahui di beberapa daerah termasuk Kabupaten Sumbawa kerap terjadi kebakaran lahan dan hutan. Karena itu setiap hutan maupun pegunungan yang dikunjungi PETANG, selalu dipasangi pamflet sebagai media pemberitahuan agar para pengunjung tidak merusak hutan, tidak membuang sampah dan tidak membuang punting rokok, sehingga kelestarian alam tetap terjaga. (BUR/SR)

Lihat Juga

100 Bonsai Dipamerkan, Wabup: Sumbawa Syurganya Para Pecinta Bonsai

SUMBAWA BESAR, SR (16/9/2019) Banyak yang baru dalam pagelaran Festival Pesona Moyo 2019. Selain Pasar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *