Home / Pendidikan / Diinisiasi Mahasiswa KKL UNSA, Pertamakali Warga Dusun Prajak Gelar Upacara HUT RI

Diinisiasi Mahasiswa KKL UNSA, Pertamakali Warga Dusun Prajak Gelar Upacara HUT RI

SUMBAWA BESAR, SR (17/8/2019)

Antusiasme warga sangat luar biasa dalam memaknai HUT RI ke 74 ini. Seperti yang ditunjukkan warga Dusun Prajak, Desa Batu Bangka, Kecamatan Moyo Hilir yang baru pertama kalinya melaksanakan upacara bendera secara formal. Atas inisiatif dari KKL T Universitas Samawa (UNSA) di Batu Bangka, pelaksanaan upacara di pantai Prajak berlangsung begitu hikmad dan penuh makna. Meski pelaksanaannya cukup sederhana karena lokasinya di parkiran kapal para nelayan, dan tiang bendera terbuat dari bambu, namun kesadaran dan nilainya begitu kuat. Seluruh elemen masyarakat, baik kades beserta jajaran, tokoh masyarakat, anak-anak sekolah, ibu-ibu rumah tangga, kelompok tani, kelompok nelayan, dan kelompok masyarakat lainnya ikut ambil bagian dalam mengenang perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan melalui upacara bendera tersebut. Para petugas upacara adalah para mahasiswa KKL dengan melibatkan anak-anak sekolah dan Karang Taruna Dusun Prajak. Selain melaksanakan upacara bendera, kegiatan tersebut juga diselingi dengan kegiatan bersih-bersih pantai sebagai bentuk penyadaran akan kebersihan kepada warga sekitar. Kegiatan ini berlangsung atas kerjasama antara KKL T UNSA Batu Bangka, Pemdes, dan WCS.

Kades Batu Bangka, H. Abdul Wahab menyampaikan rasa syukur dan terimakasih secara khusus kepada KKL UNSA yang telah menginisiasi kegiatan yang baru pertama kalinya dilaksanakan di desanya. Tidak heran jika seluruh elemen masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan yang menjadi sarana dalam mengenang perjuangan para pahlawan.

Diakui Kades, sepanjang ada KKL di desa selama ini, KKL kali ini yang dianggap paling luar biasa. Idenya bagus, dan mudah diajak bekerjasama, sehingga banyak program desa yang bisa dilaksanakan secara bersama-sama. “Kami bangga kepada para mahasiswa KKL dari UNSA, mereka sangat kreatif, kami sebagai pemerintah dusun dan warga Prajak senang dan terharu bahwa upacara untuk pertama kalinya dilaksanakan di dusun kami,” ucap Ibrahim selaku Kadus Prajak.

Sementara Heri Kurniawansyah HS, MPA selaku Dosen Pembimbing KKL di Desa Batu Bangka, memberikan apresiasi yang luar biasa kepada pemerintah desa yang sangat mendukung seluruh program KKL mahasiswa UNSA di Batu Bangka. “Saya sangat terharu dan bangga kepada Pak Kades, Pak Kadus, seluruh elemen masyarakat beserta anak-anak yang begitu antusias mendukung kegiatan KKL. Saya juga terharu melihat anak-anak, ibu-ibu rumah tangga, kelompok nelayan dan kelompok tani yang bergembira melaksanakan upacara bendera, terutama ketika hormat kepada sang saka merah putih, dan mengheningkan cipta. Bagi saya yang sederhana seperti ini lebih bernilai ketimbang yang eksklusif namun minim makna. Kami ingin mengirimkan pesan bahwa masyarakat di desa adalah asset daerah yang harus diprioritaskan untuk dibangun, rasa memilikinya begitu kuat, maka bangunlah desa sebagai determinan pembangunan kota,” tutupnya. (SR)

Lihat Juga

Pertama ! Panitia Respek UTS Gelar Expo Kewirausahaan untuk Mahasiswa Baru

SUMBAWA BESAR, SR (9/9/2019) Panitia Orientasi Sosialisasi dan Pengenalan Kampus (Respek) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *