Home / Pemerintahan / Tingkatkan Mutu Pendidikan di Sumbawa, Ini Program Unggulan APKASI

Tingkatkan Mutu Pendidikan di Sumbawa, Ini Program Unggulan APKASI

SUMBAWA BESAR, SR (15/8/2019)

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah membuka secara resmi kegiatan Pembukaan Audiensi dan Sosialisasi Program Unggulan APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Bidang Peningkatan Mutu Pendidikan, Iman dan Taqwa serta Literasi di Kabupaten Sumbawa, Kamis (15/8) pagi. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula H. Hasan Usman Lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa ini dihadiri Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan dan rombongan, Kepala Diknas beserta jajaran, perwakilan Kepala BKPP Sumbawa, Dewan Pendidikan dan para Kepala SD dan SMP se-Kecamatan Sumbawa.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan selamat datang dan apresiasi kepada seluruh tim dari APKASI Bidang Pendidikan untuk memberikan pengetahuan praktis tentang matematika dan Bahasa Inggris di Kabupaten Sumbawa. Saat ini kiprah APKASI semakin menggeliat. “Kedepan, yang dibutuhkan yaitu penyediaan SDM (Sumber Daya Manusia). Benar kita mempunyai SDA (Sumber Daya Alam) yang melimpah, tapi tidak akan bisa dikelola dengan maksimal tanpa adanya SDM yang berkompeten. Dan kata kuncinya adalah bagaimana kita menyiapkan SDM yang handal agar kita dapat bersaing dengan daerah lain, sehingga kita tidak jauh ketinggalan dari daerah lain,” ucapnya.

Wabup berharap kegiatan audensi dan sosialisasi ini dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga para peserta sosialisasi, baik dari kalangan pendidik, pegiat pendidikan maupun unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh perhatian agar hajat dari kegiatan tersebut dapat diimplementasikan dengan baik dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sumbawa. Hal ini sesuai dengan visi Husni–Mo yaitu terwujudnya masyarakat Sumbawa yang mandiri, berdaya saing dan berkepribadian berdasarkan semangat gotong royong.

Sebelumnya Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan Hj. Himmatul Hasanah, MP menyampaikan berdasarkan data dari Dirjen GTK Kementerian Pendidikan Republik Indonesia, APKASI telah hadir di sekitar 160 kabupaten dan kota, dan telah memberikan pelatihan untuk 140 ribu guru di seluruh Indonesia. Apa yang dilakukan APKASI ini merupakan hal terbesar sepanjang sejarah di bidang pendidikan, mengingat dari Kementerian sendiri belum bisa mencapai kuantitas sampai sejumlah itu. Dan target APKASI adalah sebesar 1 juta dalam memberikan Smart Teaching Indonesia.

Dikatakan, APKASI hadir untuk memberikan berbagai alternatif metode yang cepat dan menyenangkan, khususnya dalam program pelajaran matematika dan Bahasa Inggris yang merupakan pelajaran yang menjadi momok bagi siswa, sehingga pola fikir terkait kedua mata pelajaran yang dianggap susah tersebut, akan ada solusinya. Dalam 2 tahun ini sudah ditemukan sebuah metode pembelajaran yang sangat cepat, diperlukan cukup 1 sampai 3 hari untuk menemukan metode belajar yang tepat. Hal tersebut sudah dibuktikan di Lombok Utara yaitu dengan 400 guru yang diberikan waktu hanya 1 hari dan langsung menemukan metode belajar yang sangat cepat ini.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan surat penunjukan APKASI dalam program peningkatan mutu pendidikan, iman dan taqwa serta literasi kependidikan kepada Wakil Bupati Sumbawa dan penyerahan cindera mata antara APKASI dan Wakil Bupati Sumbawa. (SR)

Lihat Juga

Kasrem 162/WB Sambut Siswa Mengenal Nusantara Provinsi Bengkulu

MATARAM, SR (15/8/2019) Kepala Staf Korem 162/WB Letnan Kolonel Inf Endarwan Yansori didampingi Kasiter Letkol ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *