Home / Pendidikan / Semarakkan HUT Pramuka, SMAN 1 Plampang Gelar Drama Kolosal

Semarakkan HUT Pramuka, SMAN 1 Plampang Gelar Drama Kolosal

SUMBAWA BESAR, SR (15/8/2019)

Pramuka sudah memasuki usia 58 tahun. Organisasi kepanduan tersebut kini merayakan hari jadinya. Dalam rangka menyambut HUT Pramuka tersebut, SMAN 1 Plampang menggelar upacara yang diikuti ratusan siswa dan guru.

Dalam sambutannya, Kepala SMAN 1 Plampang, Afendi S.Pd M.Pd mengatakan Pramuka Indonesia merupakan nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata “Pramuka” adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Pramuka menjadi sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Kelompok anggota lain, yaitu Pembina Pramuka, Andalan, Pelatih, Pamong Saka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing. Kepramukaan dimaknai sebagai proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis. Dengan demikian, pendidikan kepramukaan merupakan nama dari kegiatan anggota Gerakan Pramuka.

Lebih jauh dijelaskan Afendi, pendidikan kepramukaan adalah proses pendidikan yang melengkapi pendidikan di lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Kegiatan Pendidikan Kepramukaan dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang endingnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur. Kepramukaan merupakan sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat dan Bangsa Indonesia.

Pantauan Wartawan SAMAWAREA Biro Sumbawa Timur, upacara HUT Pramuka ini selain dihadiri keluarga besar SMAN 1 Plampang juga Pelatih dan Penggerak Ranting Pramuka Kecamatan Plampang, Saka Bhakti UNSA,Saka Bahari SMKN 1 Plampang. Dalam kesempatan itu SMAN 1 Plampang menggelar Drama Kolosal yang diperankan para Pramuka setempat yang melakoni perang melawan penjajah merebut kemerdekaan dengan senjata apa adanya. Dilanjutkan dengan Lintas Alam dari Halaman SMAN 1 Plampang ke Kawasan Wisata Alam Air Terjun Palman Sejari Plampang. (BUR/SR)

Lihat Juga

Gubernur NTB: Era Revolusi Industri 4.0 Tantangan Besar Dunia Pendidikan

SUMBAWA BESAR, SR (8/10/2019) “Sebagai lembaga pendidikan yang bertujuan menelurkan SDM-SDM berkualitas, saya ingatkan kepada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *