Home / Pendidikan / Dubes RI di Moskow Siap Mendukung Program NTB Gemilang

Dubes RI di Moskow Siap Mendukung Program NTB Gemilang

Berencana Berkunjung ke UTS

MOSKOW, SR (13/8/2019)

Setelah melakukan presentasi dan diskusi intensif serta ditutup dengan MoU dengan Fakultas Pertanahan  Moscow State University, Senin (12/8) rombongan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yang dipimpin langsung Rektor UTS, Dr Andy Tirta M.Sc., berkesempatan berkunjung ke Kedutaan Besar RI di Moscow. Ditemani Ketua Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Moskow, Ade Irma Elvira, tim UTS yang tiba di Kantor KBRI, disambut hangat oleh Sekretaris I Pensosbud, Enjay Diana. Selanjutnya diterima Duta Besar RI untuk Rusia, M. Wahid Supriyadi, sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan seminggu sebelum kehadiran tim UTS di Moscow.

Dalam pertemuan itu, Dubes Wahid Supriyadi mengaku sangat terkesan dengan kegigihan UTS dari jauh datang menjalin kerjasama penelitian dan MoU dengan Moscow State University (MSU). Pasalnya MSU adalah universitas terbaik di Rusia dan masuk ranking 84 dunia. Dubes juga menceritakan bahwa tiga tahun lalu anaknya melakukan praktik magang dokter umumnya di Kabupaten Sumbawa. Anaknya tersebut sangat terkesan selama berada di Tana Intan Bulaeng tersebut.

Untuk diketahui, Duta Besar RI untuk Rusia yang baru mendapatkan gelar Honarary Professor dari Tomsk State University di Siberia-Rusia serta Rekor MURI untuk kegiatan Festival Indonesia ini, ternyata juga sangat concern dengan dunia pendidikan. Tidak heran kehadiran tim UTS disambut antusias karena kedatangan tim sesuai dengan misinya membangun dunia pendidikan . “Saya berharap ada banyak orang Indonesia bisa mengambil studi S2-S3 nya di Rusia, karena kualitasnya yang tidak kalah dengan Amerika dan Eropa,” ucap Dubes Wahid.

Sementara Nurul Izzati, M.Sc–Kepala Kantor Urusan Internasional UTS yang ikut mendampingi Rektor UTS, menyebutkan beberapa poin penting yang dihasilkan dalam pertemuan dengan Dubes RI untuk Rusia ini. Yaitu Dubes RI untuk Rusia sangat mendukung UTS dan NTB menjalin kerjasama dengan sejumlah universitas di Rusia. Hal ini karena banyak kampus terutama yang berbasis teknologi merupakan kampus dengan fasilitas dan mutu yang bagus bahkan sangat baik. Di antaranya termasuk yang berkembang adalah tentang pertanian, pertambangan, bioteknologi dan permesinan. Dubes akan membantu mengkomunikasikan dengan Kedubes Rusia di Jakarta agar menjalin kerjasama tersebut dengan Pemerintah NTB. Ini sangat singkron dengan program pemerintahan Zul Rohmi mengirim putra putri NTB untuk kuliah ke luar negeri. Untuk itu NTB akan diusahakan masuk dalam prioritas penerimaan mahasiswa Master dan PhD. “Kami dari UTS juga akan diberikan jalur komunikasi khusus dengan Wakil Rektor salah satu universitas di Siberia, Rusia yang fokus untuk dunia pertambangan, mengingat potensi pertambangan di Sumbawa-NTB yang tinggi,” sambung Nurul.

Selain itu Dubes RI untuk Rusia sangat antusias berkunjung ke NTB dan membicarakan lebih lanjut terkait kerjasama ini dengan Gubernur NTB. Bahkan mengajak Gubernur NTB berkunjung ke Rusia untuk mempromosikan wisata ataupun peluang kerjasama lainnya. “Dalam kunjungan ke NTB nanti, Bapak Dubes berjanji akan menyempatkan diri berkunjung ke UTS,” ujar Nurul.

Di bagian lain kunjungan ke Dubes RI untuk Rusia, tim UTS mendapat jamuan makan malam, sekaligus menjadi tamu kehormatan pada Perayaan 17 Agustus di KBRI, Sabtu mendatang. (SR)

Lihat Juga

Hadapi UNBK, Amman Mineral Gelar Pelatihan Pemantapan Materi dan Bedah SKL

SUMBAWA BARAT, SR (11/10/2019) PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT) menggelar Pelatihan Pemantapan Materi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *