Home / Pemerintahan / Bupati Sumbawa: Idul Adha Moment Memperteguh Keimanan

Bupati Sumbawa: Idul Adha Moment Memperteguh Keimanan

SUMBAWA BESAR, SR (11/8/2019)

Bupati Sumbawa dan Ibu Hj. Amien Rahmani Husni Djibril, dan Wakil Bupati Sumbawa beserta Ibu Sofia Noviantri Rayes Mahmud Abdullah, bersama ribuan mayarakat Kabupaten Sumbawa, khususnya kota Sumbawa Besar melaksanakan sholat Idul Adha 10 Zulhijjah 1440 H, di Lapangan Pahlawan Sumbawa, Minggu (11/8/2019). Bertindak sebagai imam, Dea Guru H. Munajat, LC., M.Hi., Ketua Komisi Fatwa MUI. Sumbawa, dan Khotib Ustad Ardi Suzami, S.Ei., Bendahara MUI Kabupaten Sumbawa. “Sejalan dengan tema Hari Raya Idul Adha “Melalui Idul Adha Kita Bangun Semangat Kepekaan Sosial Sebagai Sarana Taqarrub Ilallah”, maka Idul Adha merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial terhadap sesama, serta membangun kualitas diri sebagai pribadi yang sabar, tahan uji dan tegar menghadapi cobaan kehidupan,” ungkap Bupati Sumbawa, HM. Husni Djibril, B.Sc dalam pidatonya di hadapan ribuan jamaah yang memadati Lapangan Pahlawan Sumbawa Besar.

Disampaikan Bupati, momentum Idul Adha hendaknya dapat semakin memperteguh keimanan kepada Allah SWT, sekaligus menggugah kembali tali solidaritas, dengan senantiasa berempati kepada sesama yang tertimpa musibah maupun yang lemah secara ekonomi.

Di bagian lain, Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa yang telah berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan pembangunan, sehingga Kabupaten Sumbawa telah mampu berdiri sejajar dengan kabupaten/kota lainnya.

Di akhir sambutan, HM. Husni Djibril mengajak masyarakat untuk berdo’a dengan sungguh-sungguh, dan bertaubat memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang pernah dilakukan, agar Sumbawa dijauhkan dari berbagai macam bala bencana dan senantiasa dilimpahkan keberkahan.

Sementara, Ustadz Ardi Suzami, S.Ei, dalam khotbahnya mengajak para jamaah untuk merenungi, pengorbanan apa saja yang telah dilakukan demi kejayaan umat dan kemajuan Tana’ Samawa tercinta, seperti catatan sejarah yang telah dituliskan oleh para tokoh Sumbawa terdahulu. Dalam kehidupan modern saat ini, masyarakat berlomba mengejar kekayaan, kesuksesan dan jabatan dunia, yang pada akhirnya akan musnah. Sementara apa yang diqurban hari ini akan menjadi teman kekal dan saksi di hari akhir nanti sebagai kebahagian yang hakiki. “Berqurban bukan hanya terbatas pada qurban nahr dengan menyembelih hewan, akan tetapi dapat dimaknai juga sebagai bentuk amalan yang kita niatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT,” jelasnya.

Selepas melaksanakan sholat Idul Adha, Bupati bersilaturrahim dengan masyarakat di Pendopo Bupati Sumbawa, dan menyaksikan langsung kegiatan penyembelihan hewan qurban. Pada Idul Adha tahun ini, Bupati Sumbawa melaksanakan qurban, yaitu 2 ekor sapi yang diserahkan ke PHBI Sumbawa dan masyarakat Kecamatan Utan. (SR)

 

Lihat Juga

Graha Haji Djibril, Dibangun Pribadi, Gratis untuk Masyarakat

SUMBAWA BESAR, SR (12/10/2019) Graha Haji Djibril diresmikan, Sabtu (12/10/2019) siang tadi. Gedung yang dibangun ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *