Home / HukumKriminal / Aktivitas Berladang Berpotensi Terjadi Kebakaran Hutan

Aktivitas Berladang Berpotensi Terjadi Kebakaran Hutan

SUMBAWA BESAR, SR (10/8/2019)

Aktivitas pembakaran lahan untuk bercocok tanam di wilayah Kabupaten Sumbaw, sangat berpotensi terjadinya kebakaran hutan. Sebab aktivitas itu tidak disertai upaya untuk melokalisir api sehingga merambat memasuki kawasan hutan yang berbatasan dengan lahan tersebut. Kondisi ini memaksa aparat kepolisian dan petugas pemadam kebakaran turun tangan untuk memadamkan api. Dalam seminggu ini sudah ada empat titik pembakaran lahan, sebagian di antaranya merembet ke kawasan hutan.

Seperti yang terjadi di kawasan Olat Serantok, Desa Teluk Santong, Kecamatan Plampang belum lama ini. Kasus yang paling anyar terjadi, Sabtu (10/8) sore di jalan lintas Sumbawa—Bima KM 7 tepatnya kebun jati tikungan menuju Lapas Sumbawa. Kobaran api meluas dan membakar pohon yang kemudian tumbang menimpa jaringan listrik, sehingga kawat jaringan jatuh. Akibatnya listrik di sebagian wilayah Kota Sumbawa padam. Pihak PLN mengalami kesulitan untuk memperbaikinya mengingat api saat itu masih menyala. Anggota Pospol Kota Sumbawa dibantu masyarakat berusaha memadamkan api. Upaya ini cukup alot, karena untuk memadamkan api menggunakan alat seadanya.

Kepala Polisi Pos Sub Kota Sumbawa, IPDA M. Yusuf mengakui bahwa hutan di wilayahnya kerap terbakar. Selain hutan jati di simpang menuju Lapas Sumbawa, sebelumnya Senin, 5 Agustus lalu, terjadi pembakaran lahan di Simpang Boak Kelurahan Samapuin, Kecamatan Sumbawa. Meski lahan itu milik masyarakat, namun apinya membesar dikhawatirkan merambat ke hutan jati Boak. Di hari yang sama juga terjadi pembakaran lahan di Dusun Selang Baru Kecamatan Unter Iwis. Pembakaran lahan ini sengaja dilakukan untuk pembersihan guna persiapan menanam jagung. “Kami sudah melakukan himbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran dalam bentuk apapun mengingat cuaca extrem sekarang ini,” ungkap Yusuf. (JEN/SR)

Lihat Juga

Merah Putih Sepanjang 100 Meter Dikibarkan di Bukit Merese

LOMBOK TENGAH, SR (18/8/2019) Momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia diisi jajaran ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *