Home / HukumKriminal / Kawasan Olat Serantok Teluk Santong Terbakar, Timgab Turun Tangan

Kawasan Olat Serantok Teluk Santong Terbakar, Timgab Turun Tangan

SUMBAWA BESAR, SR (9/8/2019)

Kawasan hutan lindung di Olat Serantok, Desa Teluk Santong, Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa, terbakar, Jumat (9/8) kemarin. Tim Gabungan dari Kepolisian Sektor (Polsek) Plampang, Satuan Pengaman Hutan (SPH) Ampang Kampaja Plampang—Empang, dan anggota TNI dari Posramil Plampang, turun tangan melakukan upaya pemadaman. Upaya tim gabungan ini cukup alot karena menggunakan peralatan seadanya. Kendati demikian kerja keras tim yang dibantu masyarakat ini membuahkan hasil. Api berhasil dilokalisir.

Kapolsek Plampang, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Abdul Sani yang dikonfirmasi Wartawan SAMAWAREA Biro Sumbawa Timur mengatakan, kebakaran hutan itu berawal dari kebakaran di bekas lahan jagung. Api menjalar hingga memasuki kwasan hutan. Sebagai tindakan atisipatif agar kebakaran tidak meluas, pihaknya bersama tim kehutanan Ampang Kampaja dan anggota TNI dari Posramil, melakukan pemadaman menggunakan alat seadanya.

Kapolsek Sani meminta masyarakat waspada dan tidak melakukan pembakaran sembarangan. Hal ini mengingat musim kemarau yang cukup rentan terjadinya kebakaran baik lingkungan tempat tinggal maupun hutan. Khususnya kepada para petani yang memiliki jagung terlebih berbatasan dengan hutan, untuk tidak melakukan pembakaran, sebagaimana yang telah terjadi di lahan bekas jagung hingga apinya merambat masuk kawasan hutan lindung Olat Serantok.

Sementara itu Tokoh Pemuda Plampang, Bussairi mengaku salut dengan tindakan dan sigapnya aparat gabungan dalam mengatasi kebakaran hutan sehingga tidak meluas. Namun yang perlu dipikirkan saat ini, jika kebakaran itu terjadi di kawasan hutan yang jauh dari jangkauan aparat. Karenanya menjaga hutan menjadi tanggung jawab bersama. Dia juga berharap pemerintah daerah dapat memberikan dukungan sarana prasarana, karena ketika terjadi musibah seperti ini dapat tertangani secara maksimal. (BUR/SR)

Lihat Juga

Merah Putih Sepanjang 100 Meter Dikibarkan di Bukit Merese

LOMBOK TENGAH, SR (18/8/2019) Momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia diisi jajaran ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *