Home / Kesehatan / Direktur Optimis RSUD Sumbawa Tetap Type C

Direktur Optimis RSUD Sumbawa Tetap Type C

SUMBAWA BESAR, SR (8/8/2019)

Menyusul ditetapkannya RSUD Sumbawa sebagai salah satu dari lima Rumah Sakit Umum di Provinsi NTB yang turun kelas dari Rumah Sakit Type C menjadi Type D oleh Kementerian Kesehatan, Direktur RSUD Sumbawa, dr. Dede Hasan Basri yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/8), angkat bicara.  Ia mengaku telah melakukan sanggahan atas penetapan tersebut dan optimis RSUD Sumbawa tidak turun kelas, tetap berada di Type C bahkan sudah mengarah ke Type B.

Menurutnya, ada beberapa kriteria penilaian yang ditetapkan untuk Rumah Sakit Type C. Antara lain jumlah dokter spesialis meliputi spesialis dasar, gigi dan penunjang, serta kondisi peralatan, bangunan dan pelayanan. Disebutkan bahwa untuk Rumah Sakit Type C, disyaratkan terdapat 4 spesialis dasar dengan jumlah dokter spesialis minimal 2 pada masing-masing spesialis dasar, yaitu 2 Dokter Spesialis Kandungan, 2 Dokter Spesialis Anak, 2 Dokter Spesialis Dalam, dan 2 Dokter Spesialis Bedah, ditunjang Dokter Spesialis Anastesi dan Dokter Spesialis Radiologi.

Disebutkan dr. Dede—sapaan akrabnya, jumlah dokter spesialis di RSUD Sumbawa saat ini sudah melebihi jumlah yang disyaratkan untuk Rumah Sakit Type C. Jumlah dokter spesialis penunjang yang ada saat ini 17 orang, jumlah seluruhnya ada 24 orang, bahkan RSUD Sumbawa adalah satu-satunya di Pulau Sumbawa yang punya dokter spesialis penunjang orthopedy. Selain itu, alat IGD RSUD Sumbawa bahkan masuk dalam kategori Rumah Sakit type A. “Jadi RSUD Sumbawa ini sebenarnya 100% Type C, bahkan mengarah ke Type B, tinggal menambah sub spesialisnya saja,” jelasnya.

Ditanyakan penyebab turunnya kelas RSUD Sumbawa dari Type C menjadi Type D, dr. Dede menjawab karena persoalan data. “Kami sudah melakukan update data secara online, namun data yang ada di Kemenkes masih data lama, dan ini dialami oleh sekitar 615 rumah sakit di seluruh Indonesia termasuk RSUD Sumbawa,” ujarnya.

Disampaikan dr. Dede bahwa sehari setelah dikeluarkannya hasil penilaian Kemenkes, Ia bersama timnya langsung berangkat ke Kemenkes untuk menyerahkan data terbaru. Ia sangat yakin bahwa RSUD Sumbawa tidak turun kelas. “Insya Allah 4 hari setelah tanggal 12 Agustus nanti kita akan terima hasil dari Kemenkes bahwa RSUD Sumbawa tidak turun kelas, tetap berada di Type C,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, dr. Dede juga menghimbau masyarakat Sumbawa agar tidak perlu mencemaskan dan mengkhawatirkan hasil penilaian Kemenkes tersebut. “Insya Allah Rumah Sakit kita akan kembali tetap Type C, bahkan bisa mengarah ke Type B jika melihat persyaratan-persyaratan yang ada,” pungkasnya. (SR)

Lihat Juga

Gubernur Melepas 4000 Peserta Pencinta Alam di GTA Langko 2019

LOMBOK BARAT, SR (18/8/2019) Sekitar empat ribu kaum muda pecinta alam mengikuti Green Tracking Adventure ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *