Home / HukumKriminal / Ribling dan Jumling Polres Sumbawa Dipuji, Kapolda: Cukup Bagus dan Inovatif  

Ribling dan Jumling Polres Sumbawa Dipuji, Kapolda: Cukup Bagus dan Inovatif  

SUMBAWA BESAR, SR (18/7/2019)

Program Ribling (Magrib Keliling) dan Jumling (Jum’at Keliling) yaitu sholat dan menjadi khatib dari masjid ke masjid yang dilakoni Kapolres Sumbawa dan jajarannya mendapat pujian dari Kapolda NTB, Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS, MM. Kegiatan bernafaskan agama ini tidak hanya menyasar umat muslim di masjid, tapi juga umat lainnya seperti Hindu dengan program Purning (Purnama Keliling) dan Mingling (Minggu Keliling) untuk Umat Kristiani. “Ini program cukup bagus dan inovatif, karena terjalin silturahim sehingga lebih mendekatkan polisi kepada masyarakat,” kata Kapolda Nana Sujana kepada SAMAWAREA usai memberikan pengarahan kepada jajarannya di Polres Sumbawa, Kamis (18/7).

Kegiatan seperti itu ungkap Kapolda yang baru dilantik April 2019 lalu, dapat dijadikan sarana atau wadah untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat. Ketika pemahaman masyarakat terhadap Kamtibmas sudah memadai, maka gangguan Kamtibmas terminimalisir, dengan sendirinya tercipta suasana daerah yang kondusif. Cara ini bagian dari upaya pencegahan. Karena pencegahan lebih utama daripada penindakan. “Tindakan itu dilakukan karena ada gangguan Kamtibmas. Kita tidak ingin ada gangguan Kamtibmas, caranya adalah pencegahan,” tandasnya.

Selain di bidang keagamaan, pendekatan polisi dengan masyarakat dapat dilakukan melalui kegiatan olahraga. Dalam menyambut HUT Bhayangkara, ungkap Kapolda, Kapolres Sumbawa dan jajarannya menggelar berbagai event di antaranya Volly Kapolda Cup, Lomba Memamah, dan Futsal. Selain sebagai sarana hiburan, kegiatan ini secara tidak langsung mendukung program pemerintah untuk mencari bibit atlit berbakat dalam meraih prestasi dan mengharumkan nama daerah. Tidak hanya pendekatan dengan masyarakat, Kapolda mengapresiasi sinergitas yang dibangun Kapolres dengan TNI dan unsur Forkopimda. Dengan sinergitas ini akan terbangun kebersamaan dalam menjaga kondusifitas.

Hal penting lainnya yang disampaikan Kapolda, di samping silaturahim dan sinergitas, jajaran Polres Sumbawa harus mampu memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat. “Lindungi, ayomi dan layani agar masyarakat merasa aman dan nyaman,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

Catut Nama Kasat Reskrim, Minta Uang untuk Selesaikan Kasus

SUMBAWA BESAR, SR (4/12/2019) Operasi Tangkap Tangan (OTT) dua warga Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *