Home / Ekonomi / Pulau Kalong, Wajah dan Harapan Baru Pariwisata Sumbawa

Pulau Kalong, Wajah dan Harapan Baru Pariwisata Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (18/7/2019)

Pulau Kalong merupakan sebuah pulau yang terletak di Desa Labuhan Mapin Kecamatan Alas Barat yang memiliki panorama alam yang indah. Namun keberadaan yang sempat dipersengketakan dua daerah (Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat) ini kurang terjamah masyarakat dan pegiat pariwisata. Padahal padang rumput yang luas, perbukitan yang menjulang indah, serta gugusan terumbu karang yang sangat mempesona menjadi paket komplit bagi wisatawan. Berangkat dari hal tersebut, kelompok KKN Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) mencanangkan sebuah gagasan agar Pulau Kalong ini dapat terakses dan terekspos ke masyarakat luas. Ide kreatif Tim Promosi Desa KKN UTS Desa Labuhan Mapin ini kemudian mendapat respon positif dari pemerintah dan pemuda desa setempat.

Langkah kongkritnya ditandai dengan dilaunchingnya Camping Ground dan pembukaan jalur setapak di Pulau Kalong, Desa Labuhan Mapin, Kecamatan Alas Barat, Sabtu dan Minggu (13—14 Juni) kemarin. Kegiatan bertema “Kalong: The Secret paradise” ini berhasil menjadi magnet bagi masyarakat dan pegiat pariwisata di Sumbawa. Kegiatan yang diikuti sekitar 70 orang peserta ini terdiri dari perwakilan komunitas traveling, komunitas touring, komunitas pemuda, perwakilan kelompok KKN Universitas Teknologi Sumbawa se-Alas Barat serta pemuda Desa Labuhan Mapin.

Zulkarnain—salah seorang peserta KKN menyebutkan, ada tiga hal yang terdapat di Pulau Kalong dan sangat jarang ada di tempat lain. Pertama adalah view sunset yang dibarengi dengan gugusan perbukitan yang indah. View sunrise dengan luasnya lautan dan pantai pasir putih yang mempesona. Serta view alam bawah laut yang masih terjaga.

Kegiatan yang diinisiasi Kelompok KKN UTS ini ungkap Zulkarnain, didasari oleh komitman Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Universitas Teknologi Sumbawa dalam membangun desa. Dengan telah dibukanya akses dan ditambahkan beberapa spot foto, serta timbulnya kesadaran masyarakat terhadap potensi Pulau Kalong merupakan wajah dan harapan baru bagi pariwisata Kabupaten Sumbawa. (SR)

Lihat Juga

BPJS Naik Rakyat Menjerit

Oleh : Iskha Maulida (Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang) MALANG, SR (5/12/2019) BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *