Home / HukumKriminal / Asyik Nyabu, 4 Pemuda Ditangkap, 14 Poket Narkoba Disita  

Asyik Nyabu, 4 Pemuda Ditangkap, 14 Poket Narkoba Disita  

SUMBAWA BESAR, SR (12/7/2019)

Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Sumbawa menggerebeg sebuah rumah di Karang Untir Kelurahan Brang Biji, Kabupaten Sumbawa, Kamis (11/7) malam sekitar pukul 22.20 Wita. Dalam penggrebegan itu, tim berhasil menangkap empat terduga pelaku yang diduga baru saja pesta narkoba. Dari tangan mereka, tim yang dipimpin Kanit Lidik Bripka Ary Pranajaya, mengamankan 14 poket narkotika jenis shabu. Selain itu bong, pipet, pipa kaca berisi Kristal, HP dan uang tunai Rp 700 ribu. Empat terduga berinisial AS (25), SA (31), AR (21)—ketiganya warga Brang Biji dan FR (33)—warga Desa Plampang, langsung digelandang ke Polres Sumbawa untuk menjalani proses hukum.

Kasat Resnarkoba Polres Sumbawa, IPTU Faisal Afrihadi SH yang dihubungi pagi tadi, membenarkan keberhasilan anggotanya. Pengungkapan dan penangkapan para terduga kasus narkoba ini bermula dari informasi masyarakat bahwa di kediaman SA—salah seorang terduga kerap berlangsung transaksi dan pesta narkoba. Informasi yang diterima sehari sebelumnya ini ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan. Setelah memastikannya, tim pun melakukan penggerebekan dan penggeledahan. Para terduga tak bisa berkutik saat tim menemukan 14 poket shabu di saku celana bagian depan terduga AS. Di TKP juga ditemukan sejumlah barang bukti lainnya termasuk pipa kaca berisi kristal, serangkaian alat hisap (bong) dan uang tunai. Dalam pemeriksaan, terduga AS mengaku jika barang haram itu diperoleh dari dua orang berinisial IW dan PH. Selanjutnya para terduga dilakukan tes urine, dan hasilnya positif mengandung Amphetamin.

Terhadap para terduga ini, pihaknya menyiapkan sejumlah pasal untuk menjeratnya. Yakni pasal 114 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara Narkotika golongan I, diancam pidana paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun. Kemudian pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman melebihi diancam pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun. “Saat ini kami masih melakukan pengembangan penyidikan untuk mengungkap bandar dan jaringannya,” demikian perwira low profil ini. (JEN/SR)

Lihat Juga

Ajukan 7 Tuntutan, Front Masyarakat Desa Usar Demo PT KTS

SUMBAWA BESAR, SR (10/9/2019) Sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Front Masyarakat Desa Usar menggelar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *