Home / Kesehatan / Tingkatkan Kinerja, KSB Gelar Lomba untuk Tim Kerja STBM Tingkat Pliuk

Tingkatkan Kinerja, KSB Gelar Lomba untuk Tim Kerja STBM Tingkat Pliuk

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS KESEHATAN KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (10/7/2019)

Kabupaten Sumbawa Barat benar–benar serius mengubah prilaku masyarakat untuk lebih peduli pada sanitasi dan kebersihan lingkungan. Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang telah dicanangkan Bupati, Dr. Ir. H. W Musyafirin MM pada 17 Februari 2019 lalu, terus dimaksimalkan untuk memastikan lima pilar STBM bisa terealisasi dan hak-hak dasar masyarakat dalam bidang kesehatan bisa terpenuhi. Kerja keras semua komponen yang terlibat dalam program ini, telah menunjukkan hasil dengan dicapainya pilar pertama yakni tuntas buang air besar sembarangan (ODF/Tubabas). KSB bahkan telah meraih berbagai penghargaan tingkat nasional karena keberhasilan itu. Bupati HW Musyafirin juga beberapa kali diundang menjadi pembicara dalam forum nasional maupun internasional. Untuk memastikan empat pilar STBM lainnya terpenuhi, yakni cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum rumah tangga, pengelolaan sampah dan pengelolaan limbah cair rumah tangga, Bupati mengajak semua komponen untuk terlibat, termasuk kalangan Perbankan yang beroperasi di KSB.

Sementara keterlibatan para agen Program Daerah Gotong Royong (PDPGR) di tiap Peliuk dan ASN pendamping terus dimaksimalkan, karena mereka menjadi ujung tombak suksesnya program dimaksud. Sebagai bentuk penghargaan sekaligus motivasi, Pemda KSB menggelar lomba Kinerja Institusi dan Personalia Tim Kerja STBM Tingkat Peliuk da ASN Pendamping se-KSB. Penilaian dilaksaakan Aula Lantai 3 Gedung Sekretariat Daerah di Kompleks Kemutar Telu Centre, Selasa 9 Juli 2019.
Anggota Dewan Juri Lomba, Benny Tanaya mengatakan, peserta yang masuk dalam penilaian adalah 10 orang nominasi ASN pendamping STBM dan 10 peserta dari Tim Peliuk yang mengawal STBM. “Lomba dibagi dalam dua kategori yakni penilaian kinerja personality ASN dan penilaian kinerja Tim Peliuk dalam menyukseskan program STBM di wilayah kerja mereka masing-masing,” ungkapnya.

Adapun materi lomba yang dinilai, sambung Benny, meliputi data tabulasi 5 pilar STBM di tingkat Peliuk, hasil wawancara ditingkat kecamatan yang melahirkan rekomendasi dari tim penilai kabupaten, serta integritas, kepemimpinan, organisasi, managerial, personalia dan kerjasama tim di lapangan.
Para ASn Pendamping peserta penilaian bersama dewan juri. “Selain itu juga dinilai hasil kerja di lapangan dan tingkat kerja tim, spirit dalam membangun STBM di tingkat masyarakat dan sejumlah indikator lainnya,” terang Benny.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST dalam sambutannya pada acara pembukaan lomba, mengatakan, Pemda menyiapkan hadiah yang sangat menarik bagi para juara. Termasuk penghargaan bagi para ASN pendamping terbaik yang akan diberikan promosi jabatan. “Jadi para ASN yang masuk final hari ini, mesti mempersiapkan diri (jika menjadi yang terbaik). Bukan sekedar uang, tetapi ego, gengsi jabatan itu yang luar biasa. Jadi perbaiki hati, niatnya, jangan sampai yang dinilai hari ini tidak berbanding lurus dengan apa yang dilakukan kedepan. Karena yang terbaik bukan hanya beban untuk kami pimpinan daerah, tetapi tim juga juga akan ikut bertanggungjawab,” urainya.
Hadiah dan penghargaan yang diberikan, kata Wabup, hanya sebagai situmulus guna meningkatkan semangat kerja yang Ikhlas Jujur dan Sungguh-sungguh bagi semua komponen yang terlibat dalam program yang dilaksanakan.

Karena itu Wabup mengharapkan para juri yang terdiri dari unsur Pemda, Praktisi kesehatan dan kalangan profesional, untuk bekerja dengan hati, khususnya dalam menilai setiap peserta lomba. “Penilaian hari ini adalah hasil kerja keras tim juri yang telah turun ke semua peliuk. Tidak gampang untuk menentukan yang berhak masuk final pada hari ini, karena pasti semua tim kerja sudah mempersiapkan dirinya dengan baik. Saya berharap juri objektif untuk memberikan nilai sesuai kemampuan peserta,” tandas Wabup. (HEN/SR)

 

Lihat Juga

Gubernur Minta Tim Facebook Tebarkan Optimisme Melalui Teknologi Informasi

MATARAM, SR (9/10/2019) Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, meminta kepada Tim Facebook terkait Program Laju ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *