Home / Ekonomi / Tiga Rumah dan Gudang Gabah di Desa Kakiang Terbakar

Tiga Rumah dan Gudang Gabah di Desa Kakiang Terbakar

SUMBAWA BESAR, SR (7/7/2019)

Sedikitnya dua rumah hangus dilalap di jago merah dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di wilayah Desa Kaking Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa, Minggu (7/7) malam sekitar pukul 22.45 Wita. Dua rumah tersebut milik Mustafa M. Nur (62 tahun) dan Suherman (35 tahun). Selain itu api juga melahap gudang gabah milik Suprianto (35) dan bagian dapur rumah milik Hasanuddin (35). Api berhasil dilokalisir setelah dua mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian material diperkirakan cukup besar.

Kades Kakiang, Erfan Darisman yang dihubungi tadi pagi, mengakui adanya musibah tersebut. Api diketahui berasal dari kediaman Mustafa M Nur—seorang kakek yang tinggal seorang diri. Saat itu rumah dalam keadaan kosong karena pemiliknya sedang menjalani pengobatan tradisional di rumah tetangga. Api pun seketika membesar melahap bagian-bagian rumah yang mudah terbakar. Api kemudian merambat ke rumah Suherman yang kebetulan juga dalam keadaan kosong karena seluruh penghuninya sudah beberapa hari menginap di ladang. Akibatnya tak satupun harta benda dari kedua rumah tersebut yang bisa diselamatkan. Api yang kian membesar ini membuat warga tak bisa berbuat banyak karena hanya menggunakan air seadanya untuk memadamkan api. Akibatnya si jago merah itu merambat ke gudang gabah dan satu rumah lainnya. Gudang dan seluruh isinya hangus, sedangkan rumah Hasanuddin hanya terdampak bagian dapurnya. Api pun berhasil dipadamkan setelah dua unit mobil pemadam kebakaran tiba di TKP. “Tidak ada korban jiwa, untuk kerugian material masih dalam identifikasi,” ungkap Gabung Erfan—akrab Kades disapa.

Saat ini kata Gabung Erfan, kakek Mustafa sudah diungsikan di rumah keluarganya. Untuk Suherman dan keluarganya sementara menempati rumah kebunnya. Pihaknya sudah melaporkan kejadian itu kepada Camat Moyo Hilir untuk diteruskan ke Pemerintah Kabupaten Sumbawa, berharap ada penanganan lebih lanjut terutama bantuan tanggap darurat. (JEN/SR)

Lihat Juga

Bank NTB Syariah Diminta Maksimalkan Kontribusinya untuk KSB

SUMBAWA BARAT, SR (12/7/2019) DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) meminta Bank NTB Syariah semakin memaksimalkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *