Home / HukumKriminal / ‘Wakili’ Orang Meninggal untuk Nyoblos, Warga Lunyuk Dihukum Percobaan
ilustrasi, petugas PPS saat perhitungan suara di TPS

‘Wakili’ Orang Meninggal untuk Nyoblos, Warga Lunyuk Dihukum Percobaan

SUMBAWA BESAR, SR (19/6/2019)

Selain FZ duduk di kursi pesakitan sebagai terdakwa kasus tindak pidana pemilu karena terbukti mencoblos di dua TPS, SP warga Desa Padasuka Kecamatan Lunyuk, juga mengalami nasib yang sama. Kasusnya hampir sama. SP mencoblos di dua TPS. Namun di salah satu TPS, SP menggunakan formulir C-6 dengan nama yang sama (SP). Namun formulir C-6 ini adalah milik SP yang sudah lama meninggal dunia. Pada persidangan Pengadilan Negeri Sumbawa yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Ricky Zulkarnaen SH, Rabu (19/6), menjatuhkan vonis terhadap SP dengan hukuman percobaan. Yakni pidana dua bulan penjara dengan masa percobaan selama 6 bulan. Terdakwa juga diharuskan membayar denda sebesar Rp 3 juta subsidair tiga bulan kurungan. Putusan ini langsung diterima terdakwa, sedangkan JPU rencananya akan mengajukan banding.

Fakta yang terungkap di persidangan, pada Pemilu serentak 17 April 20109 lalu, SP terdaftar sebagai pemilih di TPS 12 Desa Padasuka, Kecamatan Lunyuk. Setelah mencoblos SP pulang ke rumah dan mencuci jari kelingkingnya yang tercelup tinta sebagai tanda sudah mencoblos. Setelah bersih, SP menuju TPS 06 Desa Padasuka. Di TPS tersebut, SP mencoblos. Salah seorang warga setempat yang curiga memanggil SP dan mengajukan protes karena SP telah menyalurkan hak pilihnya di TPS 12. Awalnya, SP mengelak. Namun setelah dikonfrontir dengan petugas di TPS 12, SP akhirnya mengaku secara terus terang. Formulir C-6 yang digunakannya untuk mencoblos di TPS 06 adalah formulir milik warga lain yang sama nama dengannya. Pemilik formulir itu beralamat di RT 01 RW 07, Dusun Karya Makmur, Desa Padasuka. Namun warga tersebut telah meninggal dunia pada 7 Februari lalu. Gegara kasus ini sempat dilakukan pemungutan suara ulang di TPS tersebut. (JEN/SR)

Lihat Juga

50 Pengungsi asal NTB Diterbangkan dari Wamena Menuju Bima  

MATARAM, SR (6/10/2019) Pengungsi korban kerusuhan Wamena Papua asal NTB tujuan Bima dipulangkan menggunakan pesawat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *