Home / Ekonomi / Gubernur Sebut “Moringa Kidom” Adalah Industrialisasi

Gubernur Sebut “Moringa Kidom” Adalah Industrialisasi

MATARAM, SR (19/6/2019)

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mengatakan bahwa industrialisasi tidak identik dengan pabrik-pabrik besar, tidak identik dengan perusahaan-perusahaan raksasa. Tapi industrialisasi, menurut Doktor Zul sapaan akrab Gubernur adalah seperti produk Moringa Kidom, Olahan Madu hutan menjadi obat sachet, fashion dari tenun dan beragam produk pertanian, peternakan, dan perikanan serta aneka produk kerajinan, yang telah diolah menjadi barang jadi. Ini diungkapkan Gubernur setelah Nasrin H. Muhtar pria asal Kilo Dompu berhasil mengolah “kelor” menjadi produk herbal jamu kesehatan yang diberi merk “Produk Moringa Kidom”. Bahkan kini sudah 5 produk jamu herbal dari kelor tersebut yang mulai dikirim ke pasar nasional dan global.

Dikatakan Gubernur untuk mempromosikan produk-produk unggulan tersebut, kini Pemprov NTB melalui Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Nusa Tenggara Barat terus membina dan memperkuat kelompok informasi masyarakat (KIM) di berbagai desa/kampung di Kabupaten/Kota di NTB. Kepada mereka disosialisasikan dan didiskusikan bersama program-program unggulan NTB Gemilang. Dan salah satunya adalah memperkenalkan pemasaran secara online atau E-Commerce atau pasar online yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2023.

Untuk diketahui, dalam memasarkan produknya, Nasrin H. Muhtar mulai akrab menggunakan internet dan media sosial. Bahkan ia juga sudah bergabung dengan Alibaba.com, sebuah marketplace global. Selain Nasrin, ada juga Janatan, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Tete Batu yang memasarkannya secara online. Upayanya itu ternyata telah membuahkan hasil. Ketika beberapa objek wisata lain seperti Sembalun dan Rinjani sepi pengunjung, objek wisata Tete Batu yang dikelolanya tetap ramai. Begitu pula dengan produk lain seperti kopi asal Desa Sajang dan Asa Green, merk dagang untuk pupuk organic telah mampu dijual hingga ke konsumen luar negeri. Apa yang dilakukan Nasrin H. Mukhtar dan Janatan, sejatinya salah satu wujud dan contoh nyata dari program industrialisasi yang maksudkan dalam program unggulan NTB Gemilang ekonomi pada RPJMD Provinsi NTB 2019–2023. (SR)

Lihat Juga

Ground Breaking Pasar Seketeng, Bupati Ungkap Kisahnya Sebagai Penjual Udang

SUMBAWA BESAR, SR (19/7/2019) Saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Seketeng, Jumat (19/7) pagi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *