Home / HukumKriminal / Dituntut 4,6 Tahun, Kades Sukamulya Didenda 100 Juta dan Uang Pengganti 897 Juta  
Kasi Pidsus Kejari Sumbwa, Reza Safetsila Yusa SH

Dituntut 4,6 Tahun, Kades Sukamulya Didenda 100 Juta dan Uang Pengganti 897 Juta  

SUMBAWA BESAR, SR (17/6/2019)

Kades Sukamulya Kecamatan Labangka Kabupaten Sumbawa, Azhar dituntut pidana penjara selama 4 tahun 6 bulan pada persidangan yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Mataram, belum lama ini. Selain itu Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Sumbawa mengharuskan oknum kades yang menjadi terdakwa tersebut membayar denda Rp 100 juta subsider 8 bulan kurungan. Tak hanya itu terdakw juga diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp 897 juta lebih. Jika uang pengganti tidak dibayar, harta benda milik terdakwa akan disita dan dilelang oleh negara. Apabila harta bendanya tidak mencukupi akan diganti pidana penjara selama 2 tahun.

Kasi Pidsus Kejari Sumbawa, Reza Safetsila Yusa SH mengakui tuntutan tersebut yang dibacakan JPU pada persidangan lalu. Setelah pembacaan tuntutan ini, sidang akan dilanjutkan pekan depan untuk mendengarkan pembacaan pembelaan terdakwa.

Seperti diberitakan, Kades Azhar ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengelolaan ADD/DD Sukamulia tahun 2016 sebesar Rp 600 juta. Kerugian negara tersebut sesuai hasil perhitungan auditor BPKP Perwakilan NTB. Dugaannya, penyimpangan pengerjaan proyek fisik pembuatan Poskamling, tiga jalan poros, proyek paving blok, dan pembuatan sumur bor. Desa Sukamulia pada tahun 2016 mengelola ADD/DD senilai total Rp 1,1 miliar. Saat itu Azhar sempat kabur. Setelah dua bulan buron , kejaksaan menangkan Azhar di Poso Sulawesi Tengah. Terhadap perbuatannya, oknum kades ini dijerat pasal 2 dan atau pasal 3 UU RI No. 20/2001 tentang Perubahan Atas UU RI No 31/1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (SR)

Lihat Juga

Digugurkan, Bacalon Kades Goa Menggugat, DPRD dan DPMPD Gelar RDP

SUMBAWA BARAT, SR (7/10/2019) Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *