Home / Politik / HANURA, Parpol Paling Diminati untuk Pilkada Sumbawa 2020
Sekretaris DPC Hanura Kabupaten Sumbawa, Muhammad Yamin SE., M.Si

HANURA, Parpol Paling Diminati untuk Pilkada Sumbawa 2020

SUMBAWA BESAR, SR (16/6/2019)

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Sumbawa adalah partai politik yang paling diminati menjelang Pilkada Sumbawa 2020 mendatang. Sudah banyak figur yang ingin menjadi calon Bupati maupun Wakil Bupati Sumbawa, datang menemui langsung pengurus DPC terutama Ketua DPC Drs. H. Jamaluddin Malik. Mereka mengutarakan keinginannya agar Hanura menjadi pengusung dalam pencalonannya. Figur dari berbagai kalangan ini bukan hanya yang berdomisili di Kabupaten Sumbawa tapi juga putra daerah yang sukses berkarir di tanah rantau.

Sekretaris DPC Hanura Sumbawa, Muhammad Yamin SE., M.Si yang ditemui, Sabtu (15/6) kemarin, mengakui hal itu. Menurut Abe—panggilan politisi sukses ini, tingginya minat para calon ‘melamar’ ke Hanura karena partai ini sangat terbuka terhadap siapa saja. Hanura sangat mengapresiasi keinginan sejumlah tokoh untuk maju pada Pilkada mendatang karena tujuannya pasti ingin membangun daerah ke arah yang lebih baik. Namun demikian, Ia menegaskan, Hanura tetap mengutamakan kader sendiri. Ketika kader tidak bersedia atau belum memenuhi kriteria-kriteria yang ditetapkan partai, maka sangat terbuka peluang bagi Hanura untuk mendukung figur di luar kader partai, tentunya disertai dengan komitmen-komitmen yang mengarah membesarkan Partai Hanura ke depan.

Abe mengakui hasil Pileg 2019 kemarin, jumlah kursi yang diraih partainya menyusut bila dibandingkan dengan Pileg 2014 lalu. Sebelumnya Hanura meraih 5 kursi dan menjadi peraih suara terbanyak. Kini hanya tiga kursi. Kendati demikian, dengan raihan 3 kursi ini menjadikan Hanura sebagai Parpol seksi yang selalu dibidik para figur untuk dijadikan ‘tiket’ pada Pilkada mendatang. Hanura dianggap memiliki konstituen yang cukup loyal dan ada beberapa tempat dengan suara simpatisan yang cukup signifikan. Selain itu, ketokohan Drs. H. Jamaluddin Malik–Bupati Sumbawa dua periode (2005—2009 dan 2009—2014) masih sangat kuat. Banyak yang merindukan masa kepemimpinan JM—panggilan Drs. H. Jamaluddin Malik, karena dinilai lebih berhasil. Diharapkan kepemimpinan seperti ini dapat menjdi acuan penerusnya nanti.

Menyikapi antusias para figur ini, Abe yang kini terpilih kembali sebagai anggota DPRD Sumbawa periode 2019—2024, mengaku belum membicarakannya secara serius dan detail di internal partai. “Kita akan gelar pertemuan, tentunya mengkomunikasikan hal ini dengan DPD dan DPP,” kata Abe, seraya menegaskan siapapun yang didukung dan menjadi keputusan partai, para kader harus all-out untuk memenangkannya. “Pastinya yang kita dukung harus menang,” pungkasnya. (SR)

 

Lihat Juga

PollingKita.com: Syarafuddin Jarot Raih Polling Tertinggi Kalahkan Calon Petahana

SUMBAWA BESAR, SR (8/7/2019) Pilkada Kabupaten Sumbawa 2020 kian dekat. Bahkan dua bulan mendatang sudah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *