Home / Pendidikan / Kini Hadir SMA IT SC, Terima Siswa Berprestasi, Bebas Biaya Pendidikan

Kini Hadir SMA IT SC, Terima Siswa Berprestasi, Bebas Biaya Pendidikan

SUMBAWA BESAR, SR (30/5/2019)

Setelah sukses menghadirkan TKIT, SDIT dan SMPIT—semuanya menjadi sekolah unggulan di Kabupaten Sumbawa, kini Yayasan Samawa Cendekia (sebelumnya bernaung di bawah Yayasan Dea Mas) mendirikan Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Samawa Cendekia (SC). Bahkan pada tahun ajaran baru ini, SMAIT SC sudah mulai membuka penerimaan siswa baru. Namun jumlah siswa yang diterima untuk angkatan pertama ini sangat terbatas. Sebab seluruh biaya pendidikan kecuali buku dan pakaian, ditanggung sepenuhnya oleh pihak yayasan. “Bismillaah, mulai tahun ajaran baru ini kita mulai buka SMA IT,” ucap Sambirang Ahmadi S.Ag., M.Si—Kepala Sekolah setempat di ruang kerjanya, Rabu (29/5) kemarin.

Dibukanya SMAIT ini ungkap Sambirang, setelah mendapat lampu hijau dari Gubernur dan Kadis Dikbud NTB. Semua proposal bagi pelaksanaannya sudah diserahkan dan ijin penyelenggaraan akan diproses tidak terlalu lama. Rencananya tim propinsi akan segera turun. Sembari menunggu proses, kata Sambirang, SMAIT SC sudah diijinjkan menerima siswa baru. Untuk siswa baru angkatan pertama ini, jumlahnya tidak terlalu banyak, maksimal 20 orang. Mengingat jumlahnya yang terbatas, tentu seleksinya dilakukan sangat ketat dan hanya dibuka melalui jalur prestasi. Disebutkan, ada tiga tahap seleksi yaitu seleksi administrasi menyangkut nilai raport, piagam dan sertifikat. Kemudian tes tulis lalu tes wawancara. Calon siswa yang lulus ini diharapkan mereka yang terbaik. Pasalnya mereka akan dibebaskan biaya pembangunan dan SPP.

Lebih jauh dijelaskan Sambirang, SMAIT SC ini pada dasarnya kelanjutan dari SMPIT SC yang telah dirintis pada tahun ajaran 2017/2018. Sekolah ini dihajatkan untuk melahirkan peserta didik yang berkarakter dengan memadukan implementasi konsep pendidikan nasional dengan konsep pendidikan Islam. Konsep pendidikan Islam dimaksud adalah konsep yang diracik berdasarkan Al-Qur’an dan As Sunnah, serta merupakan akumulasi dari proses pembudayaan, pewarisan, dan pengembangan ajaran Islam, budaya dan peradaban Islam dari generasi ke generasi. “Ciri khas sekolah ini adalah keterpaduan. Maksudnya, sekolah ini menjalankan konsep pembelajaran berbasis pada pemahaman Islam yang utuh, menyeluruh, integral (syumuliyah) bukan parsial (juz’iyah). Konsep ini lawan dari konsep pendidikan selama ini yang cenderung mendikotomikan antara pendidikan agama dan umum,” jelasnya.

Dalam prakteknya, lanjut Sambirang, SMA IT SC akan menerapkan pendekatan penyelenggaraan pendidikan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan Agama Islam dalam satu kurikulum. Dengan pendekatan ini semua mata pelajaran dan kegiatan sekolah tidak akan terlepas dari bingkai ajaran dan pesan nilai-nilai Islam. “Mereka bisa unggul matematika, astronomi dan pelajaran-pelajaran lain, tapi Al-Qur’annya juga fasih. Intinya mengkombinasikan pengetahuan dan wawasan keagamaan dengan umum,” imbuhnya.

Bukan hanya keunggulan ilmu umum dan ilmu agama, siswa SMA IT SC juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya. Untuk Bahasa Inggris langsung di bawah bimbingan SCLC. Lembaga ini akan melatih kemampuan Bahasa Inggrisnya hingga TOEFL, sehingga ketika tamat dari SMAIT ini mereka memiliki standar TOEFL yang bagus sebagai modal melanjutkan pendidikan di dalam negeri maupun luar negeri. SMAIT SC juga mengutamakan kemampuan riset siswa yang secara professional bekerjasama dengan perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). “Intinya kita akan grooming dan upgrade siswa ini sesuai kemampuan sehingga bisa berlaga di event-event regional, nasional, bahkan internasional. Sesuai visi SMAIT Samawa Cendekia adalah menjadi dapur siswa unggul, berkarakter dan berprestasi,” pungkasnya. (JEN/SR)

Lihat Juga

PKK di NTB Sangat Perhatikan PAUD

KOTA BIMA, SR (14/11/2019) Ketua TP-PKK Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati, M.Sc menyampaikan betapa ...

One comment

  1. Alhamdulilah sekolah masa depan telah hadir menambah warna dan semarsknya pendidikan di kota Sumbawa

    Smg menjadi ladang amal bagi inisiator dan org2 yg terlibat di dalamnya

    Serta dapat terjaring siswa2 terbaik calon pemimpin masa deoan.Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *