Home / Ekonomi / Sidra, Gadis Sumbawa Wakili NTB di Miss Grand Indonesia 2019
Sidra (tengah) foto bersama Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa beserta staf

Sidra, Gadis Sumbawa Wakili NTB di Miss Grand Indonesia 2019

SUMBAWA BESAR, SR (23/5/2019)

Nama Kabupaten Sumbawa kembali terangkat ke level nasional. Hal ini menyusul terpilihnya Sidra Faustina Rahman sebagai Miss Grand NTB 2019. Prestasi tersebut mengantarkannya mewakili NTB di ajang nasional, Miss Grand Indonesia 2019, Juli mendatang. Ajang bergengsi ini disiarkan secara langsung oleh Indosiar, salah satu TV swasta nasional dan disaksikan jutaan pasang mata. Momen ini akan dimanfaatkan Sidra—demikian sapaan sayang putri pasangan Nurtati dan Arif Rahman itu untuk ‘menjual’ budaya kabupaten/kota di NTB. Pastinya keberadaan Sidra di event itu akan semakin dikenalnya Sumbawa dan NTB di kancah nasional yang berdampak positif bagi kemajuan daerah terutama dalam hal promosi pariwisata.

Ditemui SAMAWAREA usai bertemu Wakil Bupati Sumbawa, Rabu (23/5), Dara campuran Sumbawa—Bima yang lahir di Kota Mataram Tahun 2000 silam ini, menuturkan, keikutsertaannya mengikuti ajang bergengsi tersebut selain menguji kompetensi dan wawasan, juga ingin mengangkat sejarah dan budaya daerah terutama NTB dan lebih khusus lagi Sumbawa di tingkat nasional bahkan dunia. Iapun mengikuti audisi di Jakarta. Melalui berbagai proses seperti interview masalah pribadi, wawasan mengenai daerah dan kebangsaan, Sidra akhirnya terpilih menjadi Miss Grand NTB 2019. Informasi terpilihnya gadis berumur 18 tahun ini diperoleh melalui media sosial. Sidra pun berhak mewakili NTB ke ajang serupa di tingkat nasional. Kesempatan ini akan dimanfaatkan Sidra sebaik-baiknya. Ia akan lebih giat lagi belajar terutama mendalami sejarah dan budaya daerah dan nasional. Menurutnya NTB dan Indonesia memiliki ragam budaya. Uniknya dengan budaya yang berbeda-beda ini, semua bisa menjadi satu dan masyarakat hidup berdampingan secara damai. Kekayaan inilah yang akan dieksplor lebih dalam sebagai modal baginya untuk mengikuti ajang tersebut. “Jadi ajang ini tidak hanya menjual tampang, tapi juga wawasan. Untuk meraih semua itu butuh wawasan yang luas. Dan untuk menguasai wawasan yang luas ini butuh belajar,” katanya.

Terkait keterwakilannya di Miss Grand Indonesia 2019 mendatang, Sidra tengah melakukan berbagai persiapan. Di antaranya turun ke berbagai daerah di NTB seperti Lombok, Sumbawa dan Bima. Tiga wilayah ini mewakili tiga suku yang ada di NTB yaitu Suku Sasak, Samawa dan Mbojo (Sasambo). Secara teoritis, Ia sudah mengetahui sejarah dan budaya daerah ini. Namun lebih pasnya jika dia turun langsung menemui berbagai elemen termasuk pemerintah daerah dan budayawan. “Inilah tujuan saya datang ke Sumbawa nanti berlanjut ke Bima, untuk melakukan semua ini. Saya datang ke Sumbawa dan Bima bagian dari napak tilas karena dua daerah ini adalah daerah kelahiran kedua orang tua saya,” imbuhnya.

Ia berharap dukungan semua pihak, sehingga pada kompetisi nanti dapat mengharumkan nama daerah dan mewakili Indonesia di ajang Miss Grand Internasional. Memang diakuinya ajang Miss Grand belum terlalu populer jika dibandingkan dengan Miss Universe atau Miss World yang menjadi ajang kecantikan papan atas dunia. Miss Grand adalah ajang kontes kecantikan yang menggambarkan kekuatan, kebesaran dan kemegahan dalam diri seseorang. Tidak hanya soal fisik, namun kekuatan dan kebesaran hati dalam menghadapi sesuatu menjadi penilaian dalam ajang ini. Hal ini berbanding lurus dengan tema Miss Grand Internasional “Stop The War”. Tema ini lebih pada pesan perdamaian. Para penggagas acara ini resah dengan banyaknya perang dan tindak kekerasan di dunia ini, dan harus ada suatu gerakan damai yang menggugah semua orang agar dunia menjadi lebih nyaman untuk ditinggali. Intinya tujuan dari ajang ini untuk mengakhiri perang dan membantu menciptakan harmoni, perdamaian dan kebebasan di dunia. Bila tercipta kedamaian, maka kehidupan manusia akan jadi lebih baik dan tentu nyaman untuk semua orang. Di samping itu anak-anak dan generasi umat manusia berikutnya bisa hidup tanpa konflik. (JEN/SR)

Lihat Juga

Wagub NTB akan Gelar Temu Bisnis dengan Travel Agent di Prancis

MATARAM, SR (14/6/2019) Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj Sitti Rohmi Djalilah bersama rombongan akan hadir ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *