Home / Pemerintahan / Nuzulul Qur’an Momentum Revitalisasi Al-Qur’an Sebagai Pedoman Pembangunan Karakter Bangsa

Nuzulul Qur’an Momentum Revitalisasi Al-Qur’an Sebagai Pedoman Pembangunan Karakter Bangsa

SUMBAWA BESAR, SR (22/5/2019)

Bupati Sumbawa HM. Husni Djibril, B.Sc beserta Hj. Amien Rahmani Husni Djibril menghadiri peringatan malam Nuzulul Qur’an yang bertemakan “Melalui Peringatan Nuzulul Qur’an 1440 H / 2019 M Kita Tingkatkan Pemahaman dan Pengamalan Al Qur’an Dalam Kehidupan Sehari-hari Menuju Sumbawa Hebat dan Bermartabat” di Masjid Agung Nurul Huda, Selasa (21/5) malam. Turut hadir Wakil Bupati Sumbawa, Forkopimda, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Kabag lingkup Setda Sumbawa, toga dan toma.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa malam Nuzulul Qur’an merupakan malam turunnya pedoman dan tuntunan umat manusia, yaitu Al-Qur’an. Umat Islam diingatkan untuk semakin bersemangat bertadarus, khusyuk Shalat Tahajud, dan semakin lama i’tikaf di masjid, serta semakin mempertebal kesalehan sosialnya. Al-Qur’an diturunkan kepada umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW agar menjadi rahmat bagi semua umat manusia, dan menjadi sumber segala ilmu pengetahuan, maupun pembimbing umat manusia untuk menjadi lebih baik.

Disamping itu, Bupati mengajak masyarakat untuk memaknai peringatan Nuzulul Qur’an sebagai momen dalam merevitalisasikan kembali Al-Qur’an sebagai pedoman dalam pembangunan karakter bangsa, khususnya dalam memantapkan kepribadian masyarakat Sumbawa sebagai sebuah komunitas Islami yang damai, selamat, dan sejahtera serta memiliki jiwa mandiri dan semangat untuk berkarya.

Bupati juga mengajak segenap masyarakat Sumbawa untuk memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan dengan memperbanyak amal ibadah, di antaranya memakmurkan masjid melalui shalat berjamaah, majlis ta’lim dan memperbanyak membaca Al-Qur’an. Kemudian, menciptakan kebersihan hati, jiwa dan lingkungan, memperkokoh persatuan dan kesatuan. “Tunjukkan bahwa Islam adalah pembawa rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil ‘alamin). Peliharalah kesucian ramadhan ini dengan selalu menjaga diri, baik lisan maupun perbuatan dari hal-hal yang tercela, jaga kondusifitas lingkungan agar suasana ramadhan berjalan dengan khikmad dan penuh kedamaian,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Bupati berpesan kepada seluruh masyarakat Sumbawa di Bulan Ramadhan dan menjelang lebaran, ketersediaan dan keterjangkauan harga barang dan bahan pokok masih dalam kondisi aman dan terkendali. Untuk itu masyarakat diminta tidak berlebihan dalam berbelanja, karena akan menyebabkan kelangkaan bahan pokok itu sendiri, sehingga muaranya terjadi kenaikan harga bahan pokok. “Kepada para pedagang saya minta untuk tidak melakukan penimbunan barang dan bahan pokok serta tidak mengambil keuntungan terlalu besar. Hal itu tertuang dalam surat edaran Bupati Sumbawa nomor 510/502/KUKM-INDAG/2019,’’ tandasnya.

Sebelumnya Pimpinan Ponpes Aisyah Dea Guru H. Munajat, LC. MHI, dalam ceramahnya menyampaikan bahwa dengan memahami dan mempelajari Al-Qur’an akan menjadikan masyarakat dan daerah Kabupaten Sumbawa yang hebat dan bermartabat. Ketika umat Islam mempelajari, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an akan mengangkat derajatnya di hadapan Allah SWT. “Dengan melakukan itu semua, maka akan mengangkat derajat kita sebagai kaum muslim di hadapan Allah SWT. Hadirkan hati kita di saat membaca Al-Qur’an dan jangan hanya memeriahkan malam Nuzulul Qur’an saja, tetapi kita harus mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya. (SR/Adv)

Lihat Juga

NTB Jadi Tuan Rumah 13rd South East Biosphere Reserve Network

PRANCIS, SR (17/6/2019) Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah M.Pd menjadi salah satu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *