Home / Ekonomi / Rumah Zakat Gelontorkan Modal Usaha di Bulan Puasa

Rumah Zakat Gelontorkan Modal Usaha di Bulan Puasa

SUMBAWA BESAR, SR (18/5/2019)

Rumah Zakat kembali memberikan bantuan modal usaha kepada para penerima manfaat di Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes—salah satu daerah yang telah ditetapkan sebagai Desa Berdaya. Pemberian modal itu dilakukan pada bulan puasa ini dalam rangka mempererat ukhuwah Islamiyah dan menyamakan persepsi terhadap Program Desa Berdaya. Pemberian modal usaha yang dirangkaikan dengan sosialisasi program dan buka bersama ini dilaksanakan di Musholla Babussalam Dusun Ganinggara Desa Jorok, belum lama ini. Hadir di antaranya Camat Unter Iwis, kades, tokoh masyarakat dan warga sekitar.

Repi S, selaku Fasilitator Program Desa Berdaya menyampaikan, Rumah Zakat dalam menjalankan program pemberdayaan terdiri dari 4 rumpun senyum, yaitu Senyum Mandiri (ekonomi), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Juara (pendidikan) dan Senyum Lestari (lingkungan). Pada tahun ini, Rumah Zakat konsen pada pemberdayaan 4 penerima manfaat (PM) guna menjadi cikal bakal pembentukan kelompok usaha masyarakat, yang pada akhirnya diharapkan menjadi Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMAS). Setiap PM akan mendapatkan bantuan berupa modal usaha, sarana usaha, penguatan produk dan peningkatan kapasitas (pelatihan). Selain itu, akan diintensifkan kegiatan kemasyarakatan seperti sholat subuh berjamaah, pembelajaran tahsin dan pengembangan rumah bibit. “Tentu kita sangat berharap, semua program yang kita gulirkan mendapat dukungan dari pemerintah dan warga masyarakat, guna suksesnya Program Desa Berdaya,” pintanya.

Sementara Ust. Syukri Rahmat, S.Ag selaku penceramah yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumbawa, menyampaikan apresiasi kepada Rumah Zakat, karena selain aktif dalam gerakan pemberdayaan, juga senantiasa hadir dalam meringankan duka bagi mereka yang tertimpa musibah atau bencana. “Maka saya mengajak untuk mendukung program-program Rumah Zakat,” cetusnya.

Dea Guru Syukri—demikian ia biasa disapa dalam ceramahnya menegaskan urgensi zakat dalam membangun ekonomi umat. Ia mengajak masyarakat senantiasa taat membayar zakat agar harta benar-benar bersih dari noda atau kotoran yang dapat merusak keberkahan hidup. “Dan yakinlah, zakat, infaq dan shadaqoh kita akan membahagiakan saudara-saudara kita yang lain,” imbuhnya.

Di akhir acara sembari menunggu waktu maghrib, Camat Unter Iwes, Evi Supiati, S.STP, M.Si memberikan doorprize kepada salah satu warga yang selalu memimpin jamaah sholat subuh. Selain itu, Rumah Zakat juga memberikan bantuan modal kepada 3 keluarga PM yang diserahkan langsung oleh Camat Unter Iwes bersama Fasilitator Desa Berdaya, disaksikan warga yang hadir. “Saya sangat senang mendapatkan bantuan modal dari Rumah Zakat. Semoga dengan bantuan ini, usaha yang saya geluti semakin berkembang dan dapat membantu sesama warga dalam mensukseskan Program Desa Berdaya di desa ini,” ucap Burhanuddin (34), salah satu PM penerima bantuan modal usaha. (SR)

Lihat Juga

Tahun Ini, Pemda KSB Kembali Bangun Tiga Gedung Perkantoran

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN BIDANG CIPTA KARYA DINAS PUPR KABUPATEN SUMBAWA BARAT SUMBAWA BARAT, SR (21/5/2019) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *