Home / Ekonomi / Sudah Dihotmix Ternyata Lahan Jalan Samota Masih Bersengketa  
Khairuddin Khay SE, Kabag Pertanahan Setda Sumbawa

Sudah Dihotmix Ternyata Lahan Jalan Samota Masih Bersengketa  

SUMBAWA BESAR, SR (14/5/2019)

Sebagian Jalan Samota sudah dihotmix. Namun ternyata lahan yang sudah dibebaskan untuk pembangunan jalan yang dihotmix ini masih bermasalah. Ada beberapa bidang yang dilalui jalan hotmix tersebut masih disengketakan. Meski demikian, sengketa ini tidak berpengaruh terhadap pembangunan jalan dimaksud.

Kepala Bagian (Kabag) Pertanahan Setda Sumbawa, Khaeruddin SE M.Si yang dikonfirmasi SAMAWAREA, Senin (13/5) mengakui hal itu. Menurutnya, masih ada beberapa pihak yang berperkara terhadap beberapa bidang tanah yang dilalui Jalan Samota dan saat ini sudah dihotmix. Lahan itu belum bisa diselesaikan baik secara keleluargaan maupun keperdataan di pengadilan. Yang berperkara adalah Pengko (Pengusaha) versus Ali BD (mantan Bupati Lotim), Pengko versus warga, dan Pengko versus Mamad di Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara.

Kendati masalah ini belum selesai, ungkap Khaeruddin, tidak menghambat atau mempengaruhi pembangunan jalan Samota. Anggaran ganti rugi pembebasan lahan yang masih dipersengketakan sekitar Rp 2 milyar itu sudah dititipkan di Pengadilan Negeri Sumbawa. Nantinya uang ganti rugi ini akan diambil oleh pihak yang berhak setelah kasus tanahnya di pengadilan sudah selesai. “UU mengatur bahwa apabila uangnya sudah dititip dan diterima pengadilan maka tanah itu dikuasai oleh negara dan bisa digunakan untuk kepentingan umum. Jadi tidak ada persoalan dari sisi pembangunannya, karena dari sisi hukum sudah diatur secara jelas,” tegas Her—akrab Kabag disapa didampingi Kasubag Pengadaan Tanah, Surbini SE., M.Si. (SR)

Lihat Juga

Dukungan Amman Mineral untuk Persija dari Pribadi Pemegang Saham

BATU HIJAU, SR (24/2/2020) Dukungan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT) terhadap Persija, menuai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *