Home / HukumKriminal / KM Dharma Tenggelam, 3 Korban Asal Sumbawa

KM Dharma Tenggelam, 3 Korban Asal Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (5/5/2019)

Kapal Motor (KM) Dharma tenggelam di Perairan Sangiang, Kabupaten Bima, Sabtu (4/5). Kapal bermesin GT4 ini tenggelam setelah dihantam gelombang besar disertai angin kencang. Beruntung 4 awak kapal terdiri dari Salahudin (kapten kapal) dan 3 orang ABK yakni Nur Arif Yono (32), Hamjah (27) dan Hasanuddin (43) berhasil diselamatkan Tim SAR. Tiga di antaranya berasal dari Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa, sedangkan seorangnya lagi, Nur Arif Yono asal Surabaya.

Sebelum tenggelam, kapal berlayar membawa 4 orang termasuk nakhoda dari Sumbawa menuju Kalabahi, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (4/5) sekitar pukul 19.00 Wita. Ketika berada di perairan Sangiang, kapal mengalami goncangan hebat akibat dihantam gelombang besar. Terlebih lagi saat itu angin sangat kencang. Akibatnya kapal tersebut terbalik dan tenggelam. Sedangkan nakhoda dan ABK tumpah di laut. Beruntung Tim SAR yang kebetulan berada di sekitar lokasi karena tengah mencari 2 korban kapal pengangkut bawag, KLM Pusaka Raya, langsung mengevakuasi para ABK.

Mendapat informasi tersebut, Pemda Sumbawa melalui Dinas Sosial langsung berkoordinasi dengan Pemda Bima. Pasalnya tiga di antara korban kapal tenggelam itu adalah warga Sumbawa. Hal ini diakui Mirajuddin—Kabid Banjamsos Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa, bahwa keempat korban sudah diamankan dan segera diproses kepulangannya. “Utusan kami sedang dalam perjalanan menuju Bima untuk menjemput para korban,” demikian Raju—akrab pejabat ini disapa. (JEN/SR)

Lihat Juga

Ditinggal ke Ladang, Rumah Kades Usar Plampang Hangus Terbakar

SUMBAWA BESAR, SR (19/5/2019) Kepala Desa Usar Kecamatan Plampang, A Kadir HI mengalami ujian yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *