Home / HukumKriminal / Bawaslu Temukan Indikasi Money Politic Oknum Caleg Dapil I Sumbawa
Ilustrasi

Bawaslu Temukan Indikasi Money Politic Oknum Caleg Dapil I Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (22/4/2019)

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa menemukan indikasi tindak pidana pemilu (Tipilu) pada dugaan money politic yang dilakukan oknum calon anggota legislative (Caleg) Kabupaten Sumbawa. Indikasi itu terungkap berdasarkan hasil pembahasan di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Hal ini diakui Ketua Bawaslu Sumbawa, Syamsihidayat SIP yang ditemui wartawan, Senin (22/4).

Sebelumnya ungkap Syamsi, pihaknya telah melakukan penelitian terhadap berkas laporan dugaan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk memastikan siapa pelapor, terlapor maupun barang bukti. Dari penelitian ini terungkap indikasi Tipilu. Untuk mengungkap lebih jauh, Syamsi mengatakan akan melayangkan panggilan terhadap sejumlah saksi. Para saksi yang akan dimintai klarifikasi ini dipanggil secara bertahap. “Sekarang ini kami dalam proses pemanggilan saksi,” ujarnya.

Seperti diberitakan, kasus dugaan money politic yang diduga dilakukan oknum Caleg salah satu partai ini terjadi di daerah pemilihan (Dapil) 1 Sumbawa tepatnya wilayah Kelurahan Uma Sima. Melalui tim suksesnya, caleg tersebut diduga membagi-bagikan uang. Saat itu tim sukses dari oknum caleg bersangkutan diduga membagikan uang kepada sejumlah warga masing-masing sebesar Rp 100 ribu. Ketika membagikan uang itu tim suksesnya meminta warga agar memilih oknum Caleg dimaksud. Upaya timses ini diketahui warga lainnya yang kemudian tergerak menelusuri jejak money politic ini. Warga penerima yang ditemui mengaku terus terang menerima uang dari timses, namun belum sempat digunakan. Selanjutnya warga melaporkan kasus itu ke Panwascam Sumbawa. Panwas turun ke lapangan mengidentifikasi penerima lalu mengamankan uang pemberian timses oknum caleg tersebut, untuk diserahkan secara resmi ke Bawaslu Sumbawa. (SR)

Lihat Juga

Bank NTB Syariah Diminta Maksimalkan Kontribusinya untuk KSB

SUMBAWA BARAT, SR (12/7/2019) DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) meminta Bank NTB Syariah semakin memaksimalkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *