Home / Kesehatan / 146.114 Jiwa di Kabupaten Sumbawa Belum Terkafer BPJS

146.114 Jiwa di Kabupaten Sumbawa Belum Terkafer BPJS

SUMBAWA BESAR, SR (22/4/2019)

Kepala BPJS Cabang Bima, Hindro Kusumo menyebutkan terdapat beberapa manfaat menjadi peserta JKN-KIS (BPJS). Antara lain adalah terlindungi dari risiko biaya di saat sakit, dalam keadaan sehat dapat membantu peserta yang sakit, dan menjalankan kewajiban sesuai dengan UU 40/2014. Diungkapkan Hindro, kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Sumbawa masih berada pada angka 71,57% atau 367.919 jiwa. “Sisanya 28,43% atau 146.114 jiwa belum tercover JKN-KIS dari 514.063 jumlah penduduk,” ungkap Hindro saat memberikan sambutan pada Forum Komunikasi Pemangku

Kepentingan Utama Tingkat Kabupaten Sumbawa tahun 2019, belum lama ini. Forum yang berfokus sebagai wadah untuk membahas tentang cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), validasi data kepesertaan, perluasan peserta dan kepatuhan dan pelayanan fasilitas kesehatan di Kabupaten Sumbawa ini dihadiri  Sekda Sumbawa Drs. H. Rasyidi, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima, Kepala Dikes, Kepala Dinaskertrans, Kepala BPKAD, Kepala Dinsos, Kepala BAPPEDA, Kepala Disdukcapil, Kepala DPMD, Kepada BKPP, dan Kepala BPJS Kesehatan Sumbawa.

Disebutkan Hindro, ada tiga unsur yang berperan penting dalam tercapainya Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Sumbawa tahun 2018. Yaitu, pemberi kerja mendaftarkan pekerja dan anggota keluarganya (Pekerja Penerima Upah/PPU), masyarakat (Peserta Bukan Penerima Upah/PBPU) mendaftarkan diri dan anggota keluarganya secara mandiri, serta Pemerintah Daerah mendaftarkan masyarakat (Penerima Bantuan Iuran/PBI) yang belum menjadi peserta ke program JKN-KIS (Jamkesda). Dengan tercapainya UHC dapat terwujudnya perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dan memberikan kepastian jaminan kesehatan masyarakat/pekerja.

Hindro berharap melalui kegiatan forum komunikasi ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam mengawal dan menyukseskan program JKN-KIS. “Program JKN-KIS merupakan program kita bersama, karena itu pentingnya dukungan dari pemangku kepentingan merupakan kinerja terbaik untuk mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Sumbawa,” tutup Hindro. (SR)

Lihat Juga

Jaga Generasi Sehat dan Cerdas, Puskesmas Taliwang Giatkan PRKP

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS KESEHATAN KABUPATEN SUMBAWA BARAT SUMBAWA BARAT, SR (8/7/2019) Remaja akan menjadi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *