Home / Pemerintahan / Lulus Seleksi, 238 Orang Resmi Terima SK CPNS Tahun 2019

Lulus Seleksi, 238 Orang Resmi Terima SK CPNS Tahun 2019

SUMBAWA BESAR, SR (12/4/2019)

Bupati Sumbawa HM. Husni Djibril, B.Sc menyerahkan secara simbolis 238 Surat Keputusan Bupati Sumbawa Nomor 674 Tahun 2019 tentang pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemkab Sumbawa tahun 2019, Jum’at (12/4) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa. Turut hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah Sumbawa beserta para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan PT. Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa beserta jajaran.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan profesi sebagai PNS sampai saat ini tetap menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebab pekerjaaan sebagai PNS memberikan kepastian kesejahteraan, dengan mendapat penghasilan yang kontinyu setiap bulan. Bupati berharap kepada para CPNS dapat menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menjadi aparatur yang profesional, memiliki kompetensi di bidang tugasnya, serta memiliki sikap pengabdian dan kesetiaan kepada bangsa dan negara, yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan, dan menekankan agar menanamkan sikap mental dan perilaku yang penuh loyalitas kepada bangsa dan negara, bermental baik, bermoral terpuji, sadar akan tanggung jawabnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Di samping tetap meningkatkan pengetahuan, wawasan, kepribadian dan etika selaku PNS, karena suatu keberhasilan sangat tergantung pada kemauan dan kemampuan untuk mengoptimalkan tugas-tugas yang diberikan.

Ada beberapa tuntutan masyarakat yang harus mampu dipenuhi oleh setiap aparat pemerintah yaitu bekerja dengan jujur, terbuka atau transparan, demokratis, penuh perhatian kepada masyarakat, dan bebas dari KKN. Peran aparat pemerintah sebagai abdi negara dan abdi masyarakat memiliki konsekuensi logis yaitu netralitas PNS dalam setiap agenda politik. Sebab dengan sikap netral seperti itu PNS dapat bekerja secara profesional, tanpa ada beban kepentingan politik praktis. “Terkait hal tersebut, saya kembali mengingatkan kepada seluruh ASN di Kabupaten Sumbawa untuk senantiasa menjaga netralitas serta tidak ikut terbawa arus politik dalam Pileg dan Pilpres 2019 yang beberapa hari lagi akan kita gelar. Untuk itu kita berharap pesta demokrasi ini bisa berlangsung dengan sukses dan kondusifitas daerah kita tetap terpelihara, baik pra maupun pasca kegiatan,” pungkas Bupati.

Sebelumnya Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Sumbawa, Syahruddin SH melaporkan bahwa dari formasi pendaftar setelah seleksi administrasi sebanyak 4.906, yang berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar 4.656 orang. Tercatat peserta yang lulus dan mengikuti kompetensi bidang sebanyak 437 orang. Dari hasil seleksi ini yang dinyatakan lulus dan berhak untuk diusulkan sebagai CPNS sebanyak 238 orang. Terdiri dari formasi khusus eks tenaga honor K2 23 orang dari 58 formasi dan sisanya 35 orang, tenaga kesehatan 85 orang, tenaga sebanyak 29 orang, tenaga guru SDN dan SMP 100 orang. Dilaporkan pula bahwa saat pemberkasan masing-masing CPNS telah membuat dan menandatangani surat pernyataan untuk siap mengabdi pada tempat tugas yang telah dilamar selama 5 tahun tanpa mengajukan surat pindah ke luar Kabupaten Sumbawa selama 10 tahun.

Dalam acara tersebut Branch Manajer PT. Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa Abdul Hafidz mensosialisasikan tentang program PT. Bank NTB Syariah Sumbawa, dan memberikan informasi kepada para CPNS agar segera membuat rekening untuk gaji CPNS yang dapat dilayani langsung oleh pegawainya pada saat pengambilan SK di Kantor BKPP Sumbawa. (SR/Adv)

Lihat Juga

PBB-UNESCO akan Resmikan Samota Sebagai Cagar Biosfer

Wakil Gubernur NTB, Bupati Sumbawa, Bupati Dompu dan Bupati Bima Siap Bertolak ke Paris MATARAM, SR ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *