Home / Ekonomi / Bupati Bagi Sertifikat untuk Masyarakat Maluk

Bupati Bagi Sertifikat untuk Masyarakat Maluk

SUMBAWA BARAT, SR (12/4/2019)

Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. HW. Musyafirin, MM menyerahkan sertifikat kepemilikan atas tanah kepada masyarakat Kecamatan Maluk pada Kamis (11/4/2019). Sertifikat tersebut diserahkan kepada delapan orang warga yang menjadi perwakilan. Hadir dalam acara tersebut Kapolres Sumbawa Barat bapak AKBP Mustofa S.IK., MH, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sumbawa Barat Bapak I Nyoman Nelson Giri, SH., MH., Dandim 1628/Sumbawa Barat yang diwakili Kapten Agus dan Camat Maluk.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sumbawa Barat dalam laporannya menyampaikan bahwa pada tahun 2019 ini pihaknya ditargetkan harus menerbitkan 17.500 sertifikat tanah, namun karena keterbatasan sumber daya manusia baru bisa terealisasi 14.620, sisanya sedang dalam proses dan sudah pada tahap pemetaan. Dalam acara tersebut dibagikan sebanyak 991 sertifikat yang tersebar di empat desa yaitu Desa Benete 654 sertifikat, Desa Bukit Damai 82, Desa Maluk 214, dan Desa Mantun 41 sertifikat. Lebih lanjut Ia mengharapkan agar masyarakat menyimpan sertifikat tanah dengan baik, tidak sampai hilang karena akan sulit untuk mengurusnya kembali, untuk amannya sebaiknya sertifikat tersebut difotocopy dan diarsipkan dengan baik.

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM., dalam sambutannya mengatakan bahwa penerbitan sertifikat ini memiliki banyak manfaatnya. Di antaranya adalah untuk mengurangi masalah sengketa pertanahan, meningkatkan pendapatan asli daerah melalui pajak tanah dan transaksi BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan). Bagi masyarakat, sertifikat kepemilikan tanah bukan saja menjadi bukti atau alas kepemilikan yang sah akan tetapi bisa dijadikan agunan untuk memperoleh kredit usaha melalui perbankan.

Di akhir sambutannya, Bupati mengingatkan masyarakat Maluk untuk perpartisipasi dalam pemilihan umum, tidak golput, pergunakan hak suaranya, dan datang berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara pada tanggal 17 April Mendatang. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada masyarakat Kecamatan Maluk oleh staf kantor pertanahan Kabupaten Sumbawa Barat. (HEN/SR)

Lihat Juga

Lulus Seleksi, 238 Orang Resmi Terima SK CPNS Tahun 2019

SUMBAWA BESAR, SR (12/4/2019) Bupati Sumbawa HM. Husni Djibril, B.Sc menyerahkan secara simbolis 238 Surat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *