Home / HukumKriminal / Sita Uang 1,4 Juta, Bawaslu Sumbawa Bakal Proses Oknum Caleg
Syamsihidayat, S.IP Ketua Bawaslu Kabupaten Sumbawa

Sita Uang 1,4 Juta, Bawaslu Sumbawa Bakal Proses Oknum Caleg

SUMBAWA BESAR, SR (12/4/2019)

Kasus money politic yang diduga dilakukan oknum Calon Anggota Legislatif (Caleg), kembali ditangani Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa. Oknum Caleg dari salah satu partai dan berada di daerah pemilihan (Dapil) 1 Sumbawa ini diduga membagi-bagikan uang melalui tim suksesnya. Ikut diamankan uang tunai sebesar Rp 1,4 juta dan kini dijadikan barang bukti,

Informasi yang diserap media ini, dugaan money politik tersebut terjadi di wilayah Kelurahan Uma Sima Kecamatan Sumbawa. Saat itu tim sukses dari oknum caleg bersangkutan diduga membagikan uang kepada sejumlah warga masing-masing sebesar Rp 100 ribu. Ketika membagikan uang itu tim suksesnya meminta warga agar memilih oknum Caleg dimaksud. Upaya timses ini diketahui warga lainnya yang kemudian tergerak menelusuri jejak money politic ini. Warga penerima yang ditemui mengaku terus terang menerima uang dari timses, namun belum sempat digunakan. Selanjutnya warga melaporkan kasus itu ke Panwascam Sumbawa. Panwas turun ke lapangan mengidentifikasi penerima lalu mengamankan uang pemberian timses oknum caleg tersebut, untuk diserahkan secara resmi ke Bawaslu Sumbawa, Jumat (12/4) hari ini.

Ketua Bawaslu Sumbawa, Syamsihidayat SIP yang dikonfirmasi mengaku telah menerima laporan dugaan pembagian uang yang dilakukan salah satu oknum caleg dari Dapil I Sumbawa. Laporan itu akan dikaji untuk memastikan terpenuhinya syarat formil ataupun materielnya. “Kami harus kaji terlebih dahulu. Dan barang bukti uang tunai 1,4 juta rupiah merupakan indikasi terjadinya tindak pidana pemilu yang harus didalami lebih lanjut,” pungkasnya. (SR)

Lihat Juga

Sedang Pesta Shabu Dibekuk TNI  

SUMBAWA BESAR, SR (12/4/2019) Pesta narkoba seketika terhenti setelah anggota TNI dari Kodim 1607 Sumbawa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *