Home / Pendidikan / Sekolah Negeri di KSB Bertambah, Kemenag Resmikan MIN 2 dan MTsN

Sekolah Negeri di KSB Bertambah, Kemenag Resmikan MIN 2 dan MTsN

SUMBAWA BARAT, SR (12/4/2019)

Dua sekolah negeri bertambah di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Hal ini setelah Kementerian Agama meresmikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sumbawa Barat dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Sumbawa Barat. Dua unit penyelenggara pendidikan di bawah kewenangan Kementerian Agama ini diresmikan Bupati Sumbawa Barat yang diwakili Sekretaris Daerah H. Abdul Azis, SH MH. Hadir pada peresmian yang digelar di Madrasah Aliah Negeri 1 Sumbawa Barat, Selasa (9/4/19) ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB H. Nasruddin, S.Sos., M.Pdi, Kepala Kantor Kementerian Agama Sumbawa Barat, HM Ali Fikri, SH., MA, mantan Kakanmenag Sumbawa Barat dan pejabat lainnya.

Kakanwil Kemenag Provinsi NTB H. Nasruddin, S.Sos., M.Pdi mengatakan, keberadaan MIN dan MTsN 2 Sumbawa Barat akan berkontribusi banyak bagi masyarakat KSB. Ketimpangan jumlah sekolah negeri dan swasta di bawah Kementerian Agama di Provinsi NTB sangat tinggi. Dari 2.500-an sekolah, hanya 60-an unit yang berstatus negeri, sementara sisanya masih swasta. “Kami berusaha keras menegerikannya, tujuannya meringankan beban pengelolaan sekolah swasta yang sangat berat. Saya juga berterimakasih kepada Pemerintah KSB yang sangat welcome, dan memberikan dukungan dengan menghibahkan lahan dan membantu sarana prasarana dan bantuan lainnya,” ucapnya.

Kakamenag Sumbawa Barat, HM. Ali Fikri, SH., MA melaporkan, MIN 2 Sumbawa Barat sebelumnya bernama MI Persiapan Negeri 2 Sumbawa Barat. Sementara MTsN 2 bernama MTs Satu Atap Lamunga. Tahun 2019 ini, ada 54 MI dan MTs di Indonesia berubah statusnya dari swasta menjadi negeri. Dua di antaranya dilaksanakan hari ini di KSB. Kehadiran MIN dan MTsN 2 Sumbawa Barat diharapkan bisa berkontribusi mencetak generasi islami di KSB dan bisa berprestasi di bidang lainnya.

Ditempat yang sama Sekda KSB H. Abdul Azis, SH., MH dalam sambutannya mengatakan, Bupati sangat bersyukur dengan kehadiran MIN dan MTsN 2 Sumbawa Barat. Bupati pun sangat komit menghibahkan tanah sebagai lokasi MIN dan MTsN 2 Sumbawa Barat. Kehadiran MIN dan MTsN 2 Sumbawa Barat akan menambah dan mendekatkan akses pendidikan. Kedepan, tentu akan meningkatkan dan memajukan dunia pendidikan yang berkontribusi mempersiapkan sikap mental generasi KSB. Termasuk meningkatkan IPM KSB. ‘’Bupati, Pemerintah KSB komit akan mendukung Kemenag untuk MIN dan MTsN 2 Sumbawa Barat, yakni dengan memberikan hibah tanah,” kata Sekda.

Peresmian MIN dan MTsN 2 Sumbawa Barat ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Kakanwil Kemenag Provinsi NTB kepada Sekda KSB. Pemukulan Gong dan diakhiri dengan penandatanganan prasasti peresmian MIN dan MTsN 2 Sumbawa Barat oleh Sekda KSB. (HEN/SR)

Lihat Juga

Sutradara dan Produser Film Asal Amerika Berbagi Ilmu di UTS

SUMBAWA BESAR, SR (8/4/2019) Sutradara dan Produser Film asal Amerika Serikat, Laura Nix berbagi ilmu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *