Home / HukumKriminal / Istri Caleg dan Oknum Kades Siap Disidang Kasus Tipilu 
Kasi Pidum Kejari Sumbawa, Lalu Mohamad Rasyidi, SH

Istri Caleg dan Oknum Kades Siap Disidang Kasus Tipilu 

SUMBAWA BESAR, SR (11/4/2019)

Dua tersangka tindak pidana pemilu (Tipilu) segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Sumbawa. Pasalnya, berkas perkara dua tersangka sudah dinyatakan lengkap (P21) oleh pihak Kejaksaan Negeri Sumbawa. Sampai saat ini kejaksaan masih menunggu pelimpahan tersangka dan barang bukti. Kasi Pidum Kejari Sumbawa, Lalu Mohammad Rasyidi SH mengakui hal itu. Untuk kasus dugaan money politik oknum caleg Golkar, rencananya pelimpahan tersangka dan barang bukti dilakukan kemarin. Namun batal dilakukan karena hingga siang hari, tidak ada tanda-tanda tersangka akan dilimpahkan. Sedangkan oknum Kades Sebeok yang diduga terlibat kampanye, rencananya dilimpahkan hari ini. Kendati demikian Rasyid—akrab jaksa ini disapa, tanpa terdakwa pun, kasus tersebut bisa diajukan ke persidangan.

Ada dua tersangka kasus Tipilu ini. Adalah istri oknum Caleg Golkar dan Kades Sebeok Kecamatan Orong Telu. Dugaan money politik itu berupa pembagian barang usai kegiatan kampanye oknum Caleg tersebut di salah satu desa di Kecamatan Moyo Utara. Dugaan money politik itu merupakan temuan Panwascam di lapangan beberapa waktu lalu. Hasil temuan ini kemudian ditindaklanjuti oleh Bawaslu Kabupaten Sumbawa. Setelah dilakukan beberapa penelusuran klarifikasi dan dalam pembahasan di Gakkumdu ditemukan dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu. Adapun temuannya berupa pemberian sarung dan jilbab kepada peserta kampanye. Pembagian barang itu dilakukan selesai kegiatan. Saat pembagian dilakukan, oknum caleg itu juga berada di lokasi.

Sementara oknum kades di Kecamatan Orong Telu juga diduga terlibat kampanye. Dugaan keterlibatan oknum Kades ini terjadi di Desa Sebeok. Oknum ini diduga berbicara dalam kegiatan kampanye salah satu oknum caleg di kecamatan, 16 Februari lalu. Dimana oknum Kades itu mengutarakan pernyataan agar masyarakat mengarahkan dukungan kepada caleg dari kecamatan setempat. (SR)

Lihat Juga

Sedang Pesta Shabu Dibekuk TNI  

SUMBAWA BESAR, SR (12/4/2019) Pesta narkoba seketika terhenti setelah anggota TNI dari Kodim 1607 Sumbawa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *