Home / Olahraga / 127 Pelajar Berlaga di O2SN SMP/MTs Tingkat Kabupaten

127 Pelajar Berlaga di O2SN SMP/MTs Tingkat Kabupaten

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS DIKBUD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (8/4/2019)

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP/MTs tingkat kabupaten resmi digelar. Ini ditandai dengan acara pembukaan pada Senin (8/4/2019). O2SN kali ini mempertandingkan lima cabang olahraga. Yakni Silat, Karate, Bulutangkis, Atletik dan Renang. Untuk cabor Atletik, Silat dan Karate, semua pertandingan dipusatkan di GOR Mampis Rungan. Sementara cabor bulutangkis mengambil lokasi di Stadion Pragas. Untuk cabor Renang di permandian Sering. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari,8—10 April.

Kadis Dikbud Kabupaten Sumbawa, H Syahril M.Pd saat pembukaan menyampaikan, semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Dikbud Sumbawa harus diikuti semua sekolah. Masalah menang atau kalah bukanlah salah satu tujuan utama. Sebab O2SN ini merupakan salah satu sarana yang disiapkan oleh pemerintah untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa guna memperlihatkan hasil pelatihan selama di sekolah. Apalagi, semua kegiatan di sekolah sudah didukung dana BOS.

Karena itu, Kadis Dikbud mengaku sedikit heran jika masih ada sekolah yang tidak ikut berpartisipasi, salah satunya dalam kegiatan semacam O2SN ini. Alasan ketidak-ikutsertaan sekolah ini karena sibuk menghadapi ujian, terlalu dibesar-besarkan. Sebab sekolah lain juga tetap menyempatkan diri ikut, meski disibukkan juga dengan hal yang sama. Lagi pula, yang diikutsertakan ini siswa kelas VII dan VIII, bukan siswa kelas IX yang memang tengah dipersiapkan menghadapi Ujian Nasional (UN).

Untuk diketahui, sejumlah kecamatan tercatat tidak berpartispasi dalam O2SN tingkat kabupaten. Kegiatan kali ini diikuti sebanyak 127 atlet. Cabor Bulutangkis diikuti 16 atlet putra dan 9 atlet putri. Cabor Silat, 8 atlet putra dan 12 atlet putri. Cabor Karate, 9 atlet putra dan 10 atlet putri. Sementara cabor atletik diikuti 32 atlet putra dan 31 atlet putri.

Ia menitipkan pesan kepada juri untuk dapat bekerja secara professional. Juri yang bertugas nanti adalah guru-guru yang masih aktif di top organisasi sesuai cabor masing-masing. Dari hasil O2SN tingkat kabupaten ini diambil juara satu putra putri tiap-tiap cabor yang akan dipersiapkan mengikuti olimpiade serupa di tingkat provinsi. (SR)

 

Lihat Juga

Ini Kado Spesial Pemprov untuk Naja Hafidz Quran Asal Mataram

MATARAM, SR (1/6/2019) Kisah inspiratif ditorehkan oleh seorang bocah cilik asli Nusa Tenggara Barat yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *