Home / Ekonomi / Inilah 10 Besar Media Online di Sumbawa—KSB, SAMAWAREA Menempati Peringkat Pertama

Inilah 10 Besar Media Online di Sumbawa—KSB, SAMAWAREA Menempati Peringkat Pertama

SUMBAWA BESAR, SR (17/3/2019)

Laju perkembangan media online di NTB khususnya Pulau Sumbawa, sangat pesat. Untuk dua kabupaten yakni Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ini mencatat terdapat puluhan media online. Hal ini seiring dengan tingginya minat masyarakat untuk membaca informasi yang disiarkan melalui media daring tersebut. Alasannya, bersifat update, tercepat dan tentunya gratis. Kendati demikian ada beberapa media online di dua kabupaten tersebut yang sangat disukai dan paling banyak dibaca masyarakat.

Berikut 10 media online teratas atau yang paling banyak pembaca yang ada di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat versi Alexa. Untuk diketahui Alexa.com merupakan anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, Amerika Serikat. Alexa menyediakan data traffic jumlah kunjungan ke setiap website. Contohnya, semakin banyak sebuah website (media online) dikunjungi orang, maka ratting website tersebut akan naik dalam data Alexa. Sehingga sebagian besar masyarakat di dunia, khususnya perusahaan sebelum bekerjasama dengan sebuah media, akan mengecek dulu traffic media tersebut di Alexa. Jika traffic media tersebut naik, maka otomatis media tersebut selalu banyak dikunjungi orang. Inilah 10 Daftar Media Online Terbesar di wilayah Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat yang dirangkum media ini berdasarkan data Alexa, Minggu, 17 Maret 2019.

Adalah SAMAWAREA, ini merupakan media dengan ratting tertinggi untuk wilayah Sumbawa dan KSB. Media ini menempati peringkat pertama dan banyak disukai pembaca. Untuk peringkat secara nasional, media ini berada di posisi 19.972. Bertajuk Lokal yang Mengglobal, media ini mampu mendorong pembaca dengan suguhan berita yang menarik. Media ini juga menjadi media yang paling banyak iklan. Berkat ketekunan dan kegigihan kerja tim, media ini mampu mendongkrak banyak pembaca tetapnya.

Menguntit di posisi kedua, KABARSUMBAWA.COM. Media yang berkantor di Kelurahan Pekat Kota Sumbawa Besar ini selalu menyajikan berita-berita menarik dan mulai menjadi rujukan masyarakat dalam menggali informasi. Tidak heran media ini mampu melampaui media-media online lainnya yang jauh lebih dulu eksis. Secara nasional media yang dikelola ahli IT Mahmud Ansori ini menempati rangking 27.479.

Berada di posisi ketiga PULAUSUMBAWANEWS. Media ini merupakan media online gaek karena sudah cukup lama berkiprah. Masyarakat sangat mudah mengenal media ini lantaran pengelolanya selalu mendsitribusi konten situs tersebut melalui group facebook “Rungan Samawa” yang telah mencapai ratusan ribu anggota. Hanya yang perlu ditingkatkan adalah produktifitas agar informasi yang tersaji benar-benar update. Secara nasional media ini berada di rangking 52.058.

Di posisi keempat adalah media online KORAN MERAH. Media dengan kantor redaksi di Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat ini dikenal sangat kritis mendekati oposisi. Keberanian dalam mengungkap sebuah fakta dan investigasinya yang mendalam membuat media tersebut diperhitungkan. Inilah yang menjadikan berita-berita yang tersaji di media ini selalu ditunggu pembaca. Untuk posisi secara nasional, KORAN MERAH menempati rangking 68,376.

Satu lagi media online dari Sumbawa Barat yang masuk 10 besar. Adalah KABAR NTB. Media daring ini menempati posisi kelima untuk wilayah Sumbawa dan KSB. Media ini menjadi salah satu alternatif pembaca dalam menggali informasi tentang NTB. Sangat pas dengan mottonya “1 Media Beragam Informasi”. Untuk posisi secara nasional, KABAR NTB berada di urutan 92.027 seluruh Indonesia.

Siapa sangka media yang belum satu tahun berdiri ini mampu menempati urutan keenam dalam 10 besar media online di Sumbawa–KSB. NUSRAMEDIA.COM media online yang terbilang sangat produktif. Ini karena wartawannya yang cukup agresif dalam mencari berita. Tidak heran semua informasi tentang peristiwa di kabupaten/kota di NTB nyaris tak pernah luput dari liputan. Karena itu masyarakat merasa hambar jika tidak membaca NUSRAMEDIA. Untuk posisi nasional NUSRAMEDIA menempati rangking 100.975.

Berikutnya GAUNG NTB.COM. Berada di urutan 154.769 nasional, media ini menempati posisi ketujuh wilayah Sumbawa—KSB. Namun untuk versi online tidak begitu sehebat korannya, karena memang GAUNG NTB.COM hanya mengisi berita yang telah tayang di Koran GAUNG NTB.

Menempati posisi kedelapan adalah SUMBAWANEWS. Ini adalah media online pertama di Kabupaten Sumbawa. Meski pertama bukan berarti yang utama menjadi pilihan pembaca. Pasalnya media tersebut terbilang kurang produktif, mengingat minimnya wartawan yang dimiliki untuk menghasilkan produk jurnalistik. Akibatnya banyak informasi yang tersaji kalah cepat dengan media serupa lainnya. Secara nasional media yang telah berkantor di Jakarta tersebut menempati posisi 168.003.

Satu lagi pendatang baru. Yakni BIDIKANKAMERA.COM. Media satu ini sudah mulai dilirik pembaca karena informasi yang tersaji up to date. Karenanya media yang berkantor di Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa ini menempati posisi kesembilan untuk 10 besar media online wilayah Sumbawa dan KSB. Secara nasional media ini berada di rangking 13.636.556.

Juru kunci untuk 10 besar ini adalah BERITASUMBAWA.NET. Berada di urutan 10 wilayah Sumbawa—Sumbawa Barat, rating BERITASUMBAWA berangsur-angsur meningkat. Jika media di atasnya sedikit lengah dalam membrondol basis pembaca, maka media ini akan menjadi jawara di atasnya. Secara nasional media lokal Sumbawa tersebut menempati peringkat 13.974.552. (SR)

Lihat Juga

Target Tahun Ini 50 Ribu Meter, PTAMNT Tambah Mesin Bor di Dodo Rinti

SUMBAWA BESAR, SR (13/6/2019) Silaturrahim dan Halal Bihalal yang digelar PT Amman Mineral Nusa Tenggara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *