Home / Pendidikan / Pencairan Insentif dan Sertifikasi Guru Madrasah di Sumbawa Tunggu Juknis

Pencairan Insentif dan Sertifikasi Guru Madrasah di Sumbawa Tunggu Juknis

SUMBAWA BESAR, SR (15/3/2019)

Hingga kini Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumbawa petunjuk teknis (juknis) untuk pembayaran insentif guru non PNS Madrasah maupun tunjangan sertifikasi guru PNS dan non PNS pada Tahun 2019 ini masih belum turun.

Menurut Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumbawa, H Marzuki, S.Pd, Kamis (14/3) kemarin, biasanya juknis itu sudah ada Bulan Maret. Juknis tersebut sangat dibutuhkan sebagai petunjuk mekanisme pembayaran. Untuk pembayaran insentif guru Non PNS madrasah sambung Haji Uki–sapaannya, ada informasi yang menyebutkan mulai tahun ini dibayarkan per tiga bulan. Ada juga yang menyebutkan per semester atau setiap 6 bulan. Guna memastikannya, pihaknya harus menunggu juknis sebagai acuan. Yang pasti kata dia, untuk pembayaran insentif guru non PNS madrasah tahun ini sudah tersedia di DIPA Kemenag Sumbawa. Totalnya mencapai Rp 1,6 Miliar.

Untuk tahun ini sebanyak 547 guru non PNS madrasah yang bakal mendapatkan insentif tersebut. Mereka tersebar di semua madrasah mulai dari tingkat RA sampai MA. Jumlah ini merupakan usulan tahun 2018. Angka ini kemungkinan saja bertambah, karena nantinya akan dilakukan pendataan kembali. “Nominal yang diterima nanti masih Rp 250.000 per bulan. Mekanisme pencairannya masih sama, harus melakukan pemberkasan sebelum dilakukan pencairan,” terangnya.

Sementara pembayaran tunjangan sertifikasi guru PNS dan Non PNS, Haji Uki menyatakan pembayarannya dilakukan per tiga bulan. Total dana yang sudah disiapkan Rp 6,4 Miliar. Untuk guru Non PNS sebagai penerima tahun ini mencapai 218 orang dan PNS hanya 24 orang. Bagi guru PNS, tunjangan sertifikasi yang diterima sebesar sekali gaji pokok. Sedangkan guru Non PNS yang belum infasing hanya Rp 1,5 juta per bulan. “Kalau guru non PNS yang sudah infasing tunjangan sertifikasi sesuai besar gaji infasing. Semoga juknis untuk pembayaran insentif guru Non PNS serta pembayaran tunjangan sertifikasi bulan ini sudah diterima, supaya bisa kita proses pencairannya,” demikian Haji Uki. (SR)

 

Lihat Juga

Diinisiasi Mahasiswa KKL UNSA, Pertamakali Warga Dusun Prajak Gelar Upacara HUT RI

SUMBAWA BESAR, SR (17/8/2019) Antusiasme warga sangat luar biasa dalam memaknai HUT RI ke 74 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *