Home / Politik / DPT Kabupaten Sumbawa Steril dari WNA
Anggota KPU Sumbawa, M. Kanity S.Pd

DPT Kabupaten Sumbawa Steril dari WNA

SUMBAWA BESAR, SR (15/3/2019)

Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Sumbawa sampai sekarang steril dari Warga Negara Asing (WNA). Hal ini dipastikan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Anggota KPU Sumbawa, Muhammad Kanity yang dikonfirmasi SAMAWAREA, Kamis (14/3) memastikannya. Memang diakui ada instruksi dari KPU Propinsi yang meminta KPU kabupaten/kota untuk mencermati DPT di masing-masing wilayah kerjanya. Sebab berdasarkan data yang dikirim KPU NTB terdapat 5 orang Warga Negara Asing (WNA) masuk dalam DPT Kabupaten/kota se-NTB. “Setelah kami cek berkoordinasi dengan Dukcapil Sumbawa, alhamdulillah WNA di DPT Sumbawa dinyatakan tidak ada. Lima WNA masuk DPT itu tersebar di daerah lain baik Pulau Sumbawa maupun Pulau Lombok,” jelas Ken—akrab komisioner berlatar wartawan ini.

Meski demikian Ken mengaku pihaknya tetap melakukan percematan. Salah satunya menginstruksikan PPK hingga jajaran PPS agar selalu mencermati DPTb. “Bahkan kami sudah meminta jajaran kami di semua tingkatan untuk melaporkan pencermatan data pemilih ganda dan anomali agar mereka segera mengirimkannya sehingga dapat dilaporkan ke tingkat propinsi,” imbuhnya.

Terkait dengan pemilih pindah tempat memilih dari satu tempat ke tempat lain, menurut Ken, sudah diatur dalam PKPU. Jika pindah memilih dari satu Dapil ke Dapil lain dalam satu kabupaten, maka pemilih itu mendapat 4 surat suara minus DPRD Kabupaten. Jika antar propinsi, hanya mendapatkan surat suara Pilpres, DPR RI dan DPD. Pindah ke propinsi lain yang lain Dapil, yang mendapat satu surat suara yaitu surat suara Pilpres. (JEN/SR)

Lihat Juga

KAMMI NTB Kibarkan Puluhan Bendera Kuning di Kantor KPU NTB

MATARAM, SR (21/5/2019) Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Pengurus Wilayah Nusa Tenggara Barat menggelar aksi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *