Home / Ekonomi / Bantu Usaha PM, Rumah Zakat Berikan Modal Usaha

Bantu Usaha PM, Rumah Zakat Berikan Modal Usaha

SUMBAWA BESAR, SR (15/3/2019)

Luar biasa, inilah kata yang tepat untuk disematkan pada lembaga filantropi Rumah Zakat. Hal ini didasarkan pada aksi-aksi pemberdayaan dan gerakan keumatan yang dilaksanakan di lokasi Program Desa Berdaya, Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa. Setelah sukses membangun Rumah Bibit tanaman hortikultura, Jum’at (15/3) hari ini di kebun Rumah Bibit Dusun Ganinggara Desa Jorok, Rumah Zakat memberikan bantuan modal usaha kepada warga setempat. Mereka adalah Sahabuddin (44), Burhanuddin (34), Yen Sanapiah (44) dan Mursali (24). Keempat orang ini merupakan warga Desa Jorok, yang kesehariannya bekerja sebagai petani/peternak dan buruh tani.

Fasilitator Program Desa Berdaya, Repi S menjelaskan, mulai bulan ini, sebanyak 4 warga mendapatkan bantuan modal usaha yang disepakati akan dipergunakan untuk usaha ternak kambing. Pemilihan usaha ini karena melihat potensi yang ada. Targetnya, kambing-kambing ini nantinya sudah bisa dijual pada momen Idul Adha mendatang. Selain memberikan modal usaha, para penerima manfaat (PM) juga akan dilengkapi dengan sarana usaha dan pelatihan-pelatihan atau edukasi kewirausahaan. “Harapan kita para PM yang hari ini masih kesulitan ekonomi, setelah mendapatkan intervensi dan pendampingan, dapat menjadi pribadi-pribadi yang berdaya dan mandiri. Dengan demikian, dapat memenuhi kebutuhan keluarga bahkan menjadi wirausahawan baru,” harapnya.

Burhanuddin, salah seorang PM yang biasa dipanggil Bur menyatakan sangat senang dengan bantuan modal usaha dari Rumah Zakat. “Kami telah sepakat, bersama teman-teman yang mendapatkan bantuan, akan menjaga kepercayaan ini dan akan berusaha agar usaha yang kami jalankan dapat berjalan sesuai harapan. Kami tidak akan jalan sendiri-sendiri, tetapi akan saling menguatkan. Seperti satu kelompok usaha bersama,” cetusnya.

Di tempat yang sama, Camat Unter Iwes, Evi Supiati, S.STP, M.Si yang turut hadir menyaksikan serta memberikan modal usaha secara simbolis, sangat mengapresiasi Program Desa Berdaya Rumah Zakat. “Atas nama Pemerintah Kecamatan Unter Iwes, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Rumah Zakat. Apa yang telah dilakukan di wilayah kami, sangat berarti dan dapat meringankan beban masyarakat serta dapat mengeluarkan masyarakat dari kesulitan ekonomi. Kami berharap, Program Desa Berdaya ini dapat menjangkau desa-desa lainnya, sehingga semakin banyak yang dapat terbantu dan merasakan manfaatnya. Terakhir, kami mengajak semua pihak untuk dapat berkolaborasi dengan Rumah Zakat. Dan kami akan memberikan support sesuai tupoksi pemerintah kecamatan dalam mensukseskan Program Desa Berdaya,” pungkasnya. (SR)

Lihat Juga

NTB Jagonya Wisata Halal

MATARAM, SR (11/10/2019) Provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu daerah andalan Indonesia untuk pengembangan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *