Home / Pendidikan / 8 Sekolah Dipastikan Absen di OSN SMP/MTs Kabupaten

8 Sekolah Dipastikan Absen di OSN SMP/MTs Kabupaten

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS DIKBUD KABUPATEN SUMBAWA 

SUMBAWA BESAR, SR (15/3/2019)

Sedikitnya 8 sekolah dipastikan absen pada di OSN SMP/MTs tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2019. Artinya terdapat 97 sekolah dengan 291 peserta yang mengikuti ajang bergengsi tersebut. Hingga batas terakhir pendaftaran Senin (11/3) dan diperpanjang sampai Selasa (12/03), 8 sekolah itu belum memberikan konfirmasi untuk ikut.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa sebelumnya berharap semua sekolah (105 sekolah) tahun ini mengikuti olimpiade yang melombakan tiga mata pelajaran yakni Matematika, IPA dan IPS. “Karena tidak ada kabar, kami simpulkan 8 sekolah tidak ikut tahun ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa melalui Kasi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Bidang SMP, Shalahuddin SH.

Kak Bho-sapaan pejabat ini bisa memaklumi tidak ikutnya 8 sekolah tersebut. Selain berada di pelosok, sekolah yang rata-rata bertatus SATAP itu kemungkinan tidak memiliki pembina khusus untuk mata pelajaran SAINS. “Bisa kita maklumi, kecuali sekolah negeri yang tidak ikut ini mengecewakan,” tandasnya.

Mengenai persiapan olimpiade yang tahun ini dipusatkan di MTs Negeri 2 Sumbawa Kecamatan Empang, Kak Bho mengaku sudah 100% rampung. Pertemuan dengan pengawas ruangan di Kecamatan Empang juga sudah dilakukan. Demikian dengan panitia baik panitia penyelenggara dari Dinas Dikbus Sumbawa maupun dengan panitia pelaksana di Kecamatan Empang. Pertemuan antara panitia dari Dinas Dikbud dengan panitia pelaksana ini lebih menekankan pada persoalan penginapan bagi peserta yang datang dari kecamatan yang agak jauh. “Untuk penginapan panitia sudah menyiapkan SD dan SMP yang dekat dengan MTsN 2 Sumbawa. Semua peserta yang nantinya menginap dijadwalkan Jum’at sore sudah tiba di Empang,” terangnya.

Untuk diketahui, OSN SMP/MTs tingkat kabupaten ini digelar 16 Maret mendatang. Ada 15 ruang di MTsN 2 Sumbawa yang digunakan peserta selama kegiatan berlangsung. Kegiatan belajar mengajar di MTs bersangkutan selama olimpiade diliburkan. Untuk menghindari kecurangan, pengawas ruangan yang bertugas nanti bukanlah guru dari mata pelajaran yang dilombakan. Pegawas ruangan ini diambil dari guru-guru di MTsN 2 Sumbawa. Mengingat kegiatan ini tinggal sehari lagi, Kak Bho berharap sekolah menyiapkan pesertanya dengan baik agar nantinya mendapatkan hasil menggembirakan.

Mengenai soal dalam OSN nanti, Kak Bho mengaku masih sama seperti tahun lalu langsung disiapkan pusat. Soalnya masih berupa pilihan ganda dan esay. Yang membedakan tahun ini, tingkat kesulitan soalnya agak dinaikkan. Ini juga nantinya berlaku untuk tingkat provinsi dan nasional. Dari hasil seleksi OSN SMP/MTs tingkat kabupaten ini, akan dipilih 9 siswa terbaik untuk tiap mapelnya yang akan mewakili Kabupaten Sumbawa ke tingkat provinsi yang hingga kini belum diketahui secara pasti kapan akan dilaksanakan. (SR)

Lihat Juga

Bupati Sumbawa: Bangun Generasi Muda Islam yang Qur’ani

SUMBAWA BESAR, SR (20/8/2019) Regenerasi Qori’/Qori’ah dan Hafidz/Hafidzah sangat strategis dan penting dalam rangka membangun ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *