Home / Pemerintahan / Anggota DPRD Sumbawa Laporkan Hasil Reses, Dominan Aspirasi Infrastruktur

Anggota DPRD Sumbawa Laporkan Hasil Reses, Dominan Aspirasi Infrastruktur

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (13/3/2019)

Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa baru saja menyelesaikan reses I Tahun 2019. Reses yang dilaksanakan di lima daerah pemilihan (Dapil) ini merupakan kewajiban konstitusional Anggota DPRD sebagai wujud nyata dalam memperjuangkan aspirasi rakyat. Reses tersebut dinilai sangat penting karena semua masukan dan harapan yang disampaikan masyarakat akan dituangkan dalam penyusunan pokok-pokok pikiran DPRD yang menjadi bagian dari proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Hasil reses yang telah dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 26 Pebruari tersebut dilaporkan melalui Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Sumbawa dengan agenda Penyampaian Laporan Hasil Reses I Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, belum lama ini.

Dimulai dari Dapil I meliputi Kecamatan Sumbawa, Moyo Hilir dan Moyo Utara. Tim Dapil I yang terdiri dari Muhammad Yamin SE., M.Si, Kamaluddin, ST., M.Si, Syamsul Fikri AR, S.Ag., M.Si, Andi Rusni SE, Hairil HM Ali, H. Hafied Awad BA, Khaeruddin SE, Ramliyanto SH dan Adizul Syahabuddin SP melaporkan bahwa semua aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya sudah terserap. Aspirasi itu dijabarkan ke dalam pengelompokan tiga bidang.

Pertama, Bidang Fisik. Di antaranya perbaikan tanggul pengaman tebing, pembangunan sekolah, pembangunan jalan lingkungan, pembangunan jalan usaha tani, pembangunan hotmix jalan, lampu penerangan jalan, pembangunan jembatan/jembatan limpas, peningkatan jalan, pembangunan turap/talud/bronjong penahan tebing, pembuatan tembok tempat pemakaman umum, pembuatan sumur bor, normalisasi sungai, perbaikan drainase, saluran irigasi, cekdam, pembangunan balai pertemuan/gedung serba guna, pemagaran makam dan pembangunan jalan wisata, termasuk juga pembangunan dan peningkatan jalan (dari simpang jalan Desa Olat Rawa menuju Dusun Nanga Lidam).

Kedua, Bidang Ekonomi, yaitu pengadaan alat pertanian, perikanan, bibit ternak, benih berkualitas, pengadaan terop dan kursi, pengadaan mesin diesel, pengadaan sampan, transplantasi terumbu karang, pembangunan jaringan listrik, bantuan dana atau modal usaha bagi kelompok masyarakat, pemberian pelatihan/pembinaan dan pemberian bantuan alat bengkel, pertukangan, menjahit, serta bantuan peralatan atau sarana prasarana untuk usaha kecil menengah (UKM) lainnya.

Ketiga, Bidang Pendidikan, Sosial Budaya dan Kesehatan meliputi pembangunan tembok dan lokal sekolah, pembangunan PAUD, pembangunan tempat ibadah, renopasi cagar budaya, penataan tempat pariwisata, pengadaan Tempat Pemakaman Umum (TPU), pembangunan TPA, penambahan alat kesehatan rumah sakit, puskesmas, dan pustu. Semua aspirasi masyarakat tersebut salah satu bagian dalam penyusunan RKPD, diharapkan dapat ditampung dan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah.

Kemudian laporan hasil Reses Dapil 2 meliputi kecamatan Lape, Lopok, Moyo Hulu, Lantung, Ropang, Lenangguar, Lunyuk, dan Orong Telu. Tim Dapil 2 terdiri dari H.A. Rahman HMS, S.Pd, Ahmadul Kusasi, SH, Akhmad Junaidi, H. Zulkarnaen, H. Mustajabuddin S.Sos, Edy Syarifuddin, Salamuddin Maula, Saripudin S.Pd, Muhammad Yasin Musammah, S.AP dan I Nyoman Wisma. Hasil serapan mereka tidak jauh beda dengan Dapil I. Tim mendapatkan masukan dan aspirasi masyarakat terkait dengan beberapa infrastruktur vital seperti jalan dan jembatan, maupun sektor pendidikan, kesehatan, kependudukan, pelayanan, pertanian dan peternakan. Intinya sebagian besar aspirasi masyarakat lebih mengarah kepada bentuk fisik, karena dinilai manfaatnya dapat dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

Hal yang sama juga dilaporkan Tim Reses dari Dapil 3 Sumbawa meliputi Plampang, Maronge, Labangka, Empang dan Tarano. Tim yang terdiri dari H. Nurdin Marjuni SH, Indra Herwansyah, Muhammad Nur, S.Pd.I, Hasanuddin SE, A. Rahman Atta S.Ag., MM, Rosihan SE, Budi Kurniawan ST, Muhammad Faesal S.AP dan Hasanuddin SE mengelompokkan aspirasi dalam tiga bidang sama seperti Dapil I dan II.

Berikutnya Dapil IV Sumbawa meliputi Kecamatan Rhee, Utan, Buer, Alas, dan Alas Barat. Tim yang terdiri dari H. Lalu Budi Suryata SP, Abdul Rafiq, H. Abdul Hakim SE, M. Berlian Rayes, S.Ag, Cecep Lisbano, S.IP., M.Si, Ismail M SH, H. Salman Al-Farisi SH, Basaruddin, S.AP, Ir. H. Syamsul Nurdin, Muhammad Saad, S.AP, dan Bunardi ini menjelaskan aspirasi yang terserap merupakan kebutuhan dasar masyarakat seperti pelayanan pendidikan, kesehatan, infrastruktur serta pola pelayanan pemerintah. Diharapkan berbagai kebutuhan ini diperbaiki serta dituntaskan melalui program di tahun-tahun mendatang.

Demikian dengan laporan hasil reses anggota DPRD di Dapil V Sumbawa meliputi wilayah Kecamatan Badas, Unter Iwes dan Batu Lanteh. Tim yang terdiri dari Dr. Drs. A Rahman Alamudy, SH M.Si, Ida Rahayu,S.AP, Junaidi, Hamzah Abdullah, Rusli Manawari dan H. Ardi Juliansyah S.IP juga mengelompokkan aspirasinya dalam beberapa bidang di antaranya bidang fisik dan ekonomi. Aspirasi ini hampir serupa dengan aspirasi yang disampaikan masyarakat dari beberapa daerah pemilihan lainnya. (JEN/SR)

Lihat Juga

BAKTI Kementerian Kominfo akan Bangun 8 BTS USO di Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (20/5/2019) Kabupaten Sumbawa kembali memperoleh program USO dari Kementerian Kominfo RI. Kepastian ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *