Home / HukumKriminal / WNA Jepang Ber-KTP “WNI” Ditemukan Petugas Imigrasi di KSB
Kepala Imigrasi Sumbawa, Andy Cahyono Bayuadi

WNA Jepang Ber-KTP “WNI” Ditemukan Petugas Imigrasi di KSB

SUMBAWA BESAR, SR (12/3/2019)

Warga Negara Asing (WNA) ber-KTP elektronik, ternyata ditemukan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). WNA asal Jepang yang ditemukan pihak Imigrasi Klas II Sumbawa tersebut ber-KTP yang mirip dengan model KTP-el WNI (Warga Negara Indonesia). KTP tersebut diterbitkan oleh pihak Disdukcapil setempat.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sumbawa, Andy Cahyono Bayuadi yang dikonfirmasi SAMAWAREA di ruang kerjanya, Selasa (12/3) mengatakan temuan itu saat jajarannya melakukan pengawasan orang asing di KSB. WNA Jepang berjenis kelamin perempuan ini ditemukan tinggal bersama suaminya di bumi Pariri Lema Bariri itu. Sebelumnya mereka menetap di Malang yang kemudian ikut suaminya yang berprofesi sebagai dokter pindah ke KSB. Andy—akrab Kepala Imigrasi ini disapa, mengaku sudah meminta keterangan WN dimaksud. Saat diperiksa, WNA itu mengantongi Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP). Selain itu, KTP-elektronik terbitan Dinas Dukcapil KSB setelah dikoordinasikan pihak Imigrasi.

Memang berdasarkan Peraturan Presiden nomor 96 tahun 2018, pasal 14 huruf d disebutkan bahwa penerbitan KTP-el karena perpanjangan bagi penduduk orang asing yang memiliki izin tinggal tetap. Hanya yang janggal, KTP-el milik WNA ini bentuk dan warnanya sama dengan KTP-el WNI. Bedanya hanya pada kolom status kewarganegaraannya. “Kalau orang asing di KTP itu disebutkan WNA. Sedangkan lain-lainnya sama, mulai warna hingga bentuknya,” demikian Andy. (JEN/SR)

Lihat Juga

Kapolres Sumbawa Perintahkan Tembak di Tempat

SUMBAWA BESAR, SR (13/3/2019) Kapolres Sumbawa, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Tunggul Sinatria SIK MH ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *