Home / HukumKriminal / Oknum Kades Padesa Dituntut 5 Bulan Penjara

Oknum Kades Padesa Dituntut 5 Bulan Penjara

SUMBAWA BESAR, SR (12/3/2019)

Kades Padesa Kecamatan Lantung, Syaharuddin dituntut 5 bulan penjara pada persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Sumbawa, Selasa (12/3) siang tadi. Dalam persidangan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Dwiyantoro SH didampingi dua hakim anggota, I Gusti Lanang Indra Pandita SH., MH dan Luky Eko Arianto SH., MH ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Agung Pambudi SH menyatakan bahwa oknum kades tersebut meyakinkan menggunakan surat palsu sebagaimana diatur dalam dakwaan kesatu pasal 263 ayat 2 KUHP.

Terhadap tuntutan itu, oknum Kades Padesa yang menjadi terdakwa melalui penasehat hukumnya, Febriyan Anindita SH menyatakan akan mengajukan pembelaan (pledoi) pada persidangan pekan mendatang, tepatnya 18 Maret 2019.

Menurut Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejari Sumbawa, Lalu Mohammad Rasyidi SH, masih ada beberapa kali sidang sebelum dijatuhkan vonis. Setelah pledoi, JPU akan mengajukan replik, yang kemudian ditanggapi (duplik) oleh PH terdakwa. Terhadap duplik itu, JPU juga akan memberikan tanggapan yang selanjutnya sidang vonis.

Untuk diketahui, oknum Kades Padesa resmi ditahan pihak Kejaksaan Negeri Sumbawa, 31 Januari lalu. Penahanan terhadap oknum Kades yang diduga terlibat kasus ijazah palsu ini dilakukan bertepatan dengan pengiriman berkas perkara tahap kedua sekaligus pelimpahan tersangka dan barang bukti oleh penyidik kepolisian Polres Sumbawa.

Sebelumnya oknum Kades ini dilaporkan ke Polres Sumbawa karena diduga menggunakan ijazah palsu dalam pencalonannya. Dugaan penggunaan ijazah palsu ini diketahui pasca dilakukan penetapan calon Kepala Desa Lantung Padesa. Berdasarkan hasil penelusuran serta surat keterangan dari Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima maupun hasil investigasi Polres Sumbawa menyatakan bahwa ijazah yang digunakan Syaharuddin tersebut tidak sah. Polisi pun akhirnya menetapkan Syaharuddin sebagai tersangka. Ini juga diperkuat dengan hasil ujilab di Puslabfor Denpasar yang menyatakan ijazah itu benar-benar palsu. (JEN/SR)

Lihat Juga

Asyik Nyabu, 4 Pemuda Ditangkap, 14 Poket Narkoba Disita  

SUMBAWA BESAR, SR (12/7/2019) Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Sumbawa menggerebeg sebuah rumah di Karang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *